GenPi Diminta Ikut Memantau Program Kemenparekraf agar Tepat Sasaran

- Minggu, 6 Juni 2021 | 16:47 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Foto: Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Foto: Kemenparekraf

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPi) diminta ikut memantau dan membantu memastikan program-program yang digagas oleh Kemenparekraf agar bisa tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat melakukan pertemuan dengan komunitas GenPi, dalam acara NETAS (Nemuin Komunitas), yang digelar secara hybrid, di Kejawa Resto, Sleman, Jumat (4/6/2021) malam.

Menparekraf menjelaskan Kemenparekraf hadir dengan kebijakan yang berkeadilan kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) sebesar Rp60 miliar yang pendaftaran resminya dibuka pada Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: Zona Merah, Sejumlah Desa di Demak Lockdown Mikro, Seluruh Objek Wisata Tutup Sementara

Kemudian, program Dana Hibah Pariwisata yang tahun ini akan diperluas dan diperbesar jumlahnya menjadi Rp3,7 triliun, serta berbagai program Kemenparekraf lainnya.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini memberikan rezeki bagi 34 juta masyarakat Indonesia. Saya titip pesan kepada GenPi bahwa kalian ada di garda terdepan untuk memastikan each and everyone of those 34 milion jobs tanggung jawab kita untuk kita selamatkan. Kita harus bangkitkan sektor pariwisata, kita harus pulihkan ekonomi kreatif. Untuk itu, saya harap GenPi mampu menjadi agen yang memastikan pengawalan dari program tersebut tepat sasaran,” kata Menparekraf Sandiaga.

Seperti diketahui, GenPi merupakan sebuah komunitas yang memiliki ketertarikan di bidang pariwisata. Terbentuk pada 2016, dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia. GenPi juga secara aktif membantu mengembangkan desa wisata yang ada di Indonesia, baik dari sisi promosi secara digital maupun edukasi.

Baca Juga: Terima Tambahan 313.100 Dosis Vaksin, Kodam Jaya Kawal Pengiriman ke Bandung

Turut hadir dalam acara NETAS, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Singgih Raharjo, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, Ketua Umum GenPi Nasional Siti Chotijah, dan seluruh anggota GenPi se-Indonesia.

Sandiaga juga ingin GenPi dapat memastikan protokol kesehatan CHSE diterapkan dengan baik di tiap destinasi wisata. Lalu, berkaitan dengan kampanye #DiIndonesiaAja, Menparekraf menekankan bahwa hal tersebut tidak hanya sebuah kampanye program pariwisata dan ekonomi kreatif, tetapi #DiIndonesiaAja juga akan menjadi movement atau pergerakan besar yang dimotori oleh komunitas GenPi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X