Pemulihan Ekonomi Nasional, Presiden Joko Widodo Tekankan 5 Hal Ini

- Kamis, 18 November 2021 | 07:30 WIB
Foto: suaramerdeka.com/biro pers sekretariat presiden.
Foto: suaramerdeka.com/biro pers sekretariat presiden.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo menekankan lima hal terkait perkembangan sekaligus pemulihan ekonomi nasional, di Kantor Presiden, Jakarta.

Lima arahan Presiden Joko Widodo disampaikan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022, Rabu 17 November sore.

Pertama, percepatan realisasi APBN dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Menghadapi akhir tahun 2021, Presiden Joko Widodo meminta kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi belanja pemerintah baik melalui APBN maupun APBD.

Baca Juga: Festival HAM 2021, Hendi: Bentuk Indonesia Berdasar Pancasila Sudah Finish

“Sudah bulan November, sudah mau masuk ke Desember, jadi percepat realisasi APBN dan APBD. APBN artinya setiap kementerian dan lembaga harus konsentrasi mempercepat realisasi ini."

"Kemudian Mendagri lihat APBDAPBD yang masih serapan anggarannya masih kecil juga berikan perhatian. Tekankan kepada mereka bahwa APBD ini penting untuk pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Presiden Joko Widodo.

Disebutkan Kepala Negara, realisasi Program Perlindungan Sosial baru mencapai 77 persen dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA), Program Padat Karya 67 persen, sementara Program Dukungan untuk UMKM dan Korporasi 60 persen.

Baca Juga: Pariwisata Menggeliat, Protokol Kesehatan Diperketat Agar Covid-19 Tak Mencuat

Kedua, waspadai risiko perkembangan ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X