Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan BLBI, Ini Tugasnya

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 13:17 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (suaramerdeka.com / dok)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Pembentukan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 dalam rangka penanganan dan pemulihan hak negara berupa hak tagih negara atas sisa piutang negara dari dana maupun aset properti,

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan piutang tersebut mencapai Rp 110,4 triliun.

Baca Juga: Ini Aksi Korporasi yang Biasa Dilakukan Perusahaan

“Ini adalah hak tagih negara yang berasal dari krisis perbankan tahun ’97/98.  Pada saat itu negara melakukan bail out melalui Bank Indonesia yang sampai hari ini pemerintah masih harus membayar biaya tersebut,” ujarnya, dalam keterangan pers usai Pelantikan Kelompok Kerja (Pokja) dan Sekretariat Satgas BLBI, Jumat (04/06/2021).

Pokja dan Sekretariat ini bertugas membantu pelaksanaan tugas Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Dalam melakukan upaya penanganan, penyelesaian, dan pemulihan hak negara, terdapat tiga pokja dalam Satgas yang beranggotakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga (K/L).

Baca Juga: Kartu Prakerja Dongkrak Wirausahawan Naik 13 Persen, Ini Penjelasan Airlangga

Yang pertama, Pokja Data dan Bukti yang bertugas melakukan pengumpulan, verifikasi, dan klasifikasi, serta tugas lain dalam rangka penyediaan data dan dokumen terkait debitur/obligor, jaminan, harta kekayaan lain, perjanjian atau dokumen perikatan lainnya dan data/dokumen lain sehubungan penanganan hak tagih BLBI.

Pokja ini terdiri atas perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRI Cabang Demak Jadi Bank Berkinerja Terbaik

Rabu, 16 Juni 2021 | 18:46 WIB

Menkeu Sayangkan Adanya Isu PPN Sembako

Kamis, 10 Juni 2021 | 23:04 WIB
X