Kartu Prakerja Dongkrak Wirausahawan Naik 13 Persen, Ini Penjelasan Airlangga

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 10:25 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com / dok)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut dari survei independen setelah mengikuti Program Kartu Prakerja terjadi peningkatan sebesar 13 persen dalam jumlah kelompok wirausaha.

Kenaikan jumlah wirausahawan ini sesuai dengan sasaran Program Kartu Prakerja.Dikatakan, semakin banyak jumlah wirausahawan dan jumlah usaha yang berkembang maka akan terjadi penyerapan tenaga kerja.

Ini sejalan dengan target pemerintah rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen pada tahun 2024.

Baca Juga: Nasdem-PKS Salatiga Jajaki Koalisi Pilwalkot 2024, Gelar Silaturahim Kebangsaan

Untuk itu, Pemerintah terus mendorong optimalisasi program ini mengingat kewirausahaan berperan menciptakan lapangan pekerjaan dan secara otomatis dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

“Negara membutuhkan masyarakat yang mampu dan terus semangat beradaptasi dengan keadaan. Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu Pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini,” kata Airlangga di Bandung pada Jumat (4/6).

Baca Juga: Dikritik Pembatalan Haji Terburu-buru, Ini Jawaban Kemenag

Secara umum, hasil survei juga merilis data animo masyarakat sangat tinggi terhadap Program Kartu Prakerja dan mereka puas terhadap pelayanan dan manfaat Kartu Prakerja.

Kunci kesuksesan program ini, kata Menko, bukan hanya pada penyelenggara atau seberapa besar dana, tetapi pada perubahan positif khususnya dari keterampilan para penerima Kartu Prakerja.

“Kebijakan-kebijakan diharapkan dapat maksimal memberikan dampak baik kepada masyarakat. Alumni Program Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapatkan manfaat Kredit Usaha Rakyat secara maksimal hingga bunganya hanya 3 persen. Manfaatkan kesempatan ini. Kembangkan bisnis hingga memiliki dampak maksimal pada roda perekonomian nasional,” tutur Airlangga.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB

Rumah juga Perlu Asuransi, Ayo Kenali Manfaatnya

Rabu, 22 September 2021 | 21:53 WIB

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X