Pembangunan Jalur Kereta Api Makassar – Parepare, PT CRI Tandatangangi Perjanjian Fasilitas Pinjaman

- Jumat, 4 Juni 2021 | 06:30 WIB
KETERANGAN  PERS: Menhub Budi Karya Sumadi  (dua dari kiri) memberi keterangan pers usai penandatanganan Perjanjian Fasilitas Pinjaman terkait proyek Kereta Api Makassar – Parepare. (suaramerdeka.com / dok)
KETERANGAN PERS: Menhub Budi Karya Sumadi (dua dari kiri) memberi keterangan pers usai penandatanganan Perjanjian Fasilitas Pinjaman terkait proyek Kereta Api Makassar – Parepare. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT Celebes Railway Indonesia (CRI) menandatangani Perjanjian Fasilitas Pinjaman Berjangka Senior sehubungan dengan pemberian pinjaman dalam rangka pelaksanaan proyek pembangunan prasarana kereta api Makassar – Parepare di Sulawesi Selatan. 

Penandatangan dilakukan dengan PT Indonesia Infrastructure Finance dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan Perjanjian Line Fasilitas Pembiayaan Sindikasi dengan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk

PT CRI merupakan special purpose company yang dibentuk Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk – PT Bumi Karsa – PT China Communications Construction Engineering Indonesia – PT Iroda Mitra, selaku pemenang pemenang lelang pengadaan Badan Usaha Pelaksana Perkeretaapian Umum Makassar-Parepare dengan Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) berdasarkan Surat Penetapan Pemenang Lelang No. PL.104/B.21/DJKA/11/19 tertanggal 6 Februari 2019.

Kementerian Perhubungan, selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja sama, sudah melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar-Parepare dengan skema KPBU Nomor: HK.201/A.250/DJKAIIV/19 dan Nomor: 01/EXT/IV/CRI-DU/2019 pada tanggal 5 April 2019 (“PKS”) sebagaimana telah diubah dengan Amandemen PKS Nomor HK.201/B. 756/DJKA/2020 dan Nomor 027/CRI/DIR/XII/2020 tanggal 4 Desember 2020.

Baca Juga: Bandara JB Soedirman Jadi Pendongkrak Ekonomi Barlingmascakeb

Sebagai salah satu wujud pemenuhan kewajiban di dalam PKS, PT CRI telah menandatangani perjanjian pembiayaan yang berlangsung di ballroom the Ritz Carlton.

Turut hadir, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, selaku perwakilan dari Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama, dan masing-masing perwakilan dari PT Indonesia Infrastructure Finance dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

Pembiayaan atas proyek pembangunan jalur kereta api Makassar – Parepare di Sulawesi Selatan akan dilakukan dalam 2 tranche.

Baca Juga: Indonesia Memiliki Potensi Besar Kuasai Pasar Halal Dunia

Pertama, Tranche A untuk membiayai konstruksi, pengujian dan uji coba, serta penyelesaian Emplasemen Stasiun Pelabuhan Garongkong sebagai salah satu bagian dari Prasarana Perkeretapaian Segmen B dan Prasarana Perkeretaapian Segmen F dari jalur kereta api Makassar – Parepare,

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X