Bandara JB Soedirman Jadi Pendongkrak Ekonomi Barlingmascakeb

- Kamis, 3 Juni 2021 | 17:22 WIB
PENUMPANG PERTAMA: Penumpang pertama yang mendarat di Bandara JB Soedirman Purbalingga dari Surabaya, Kamis (3/6). (suaramerdeka.com/Ryan Rachman)
PENUMPANG PERTAMA: Penumpang pertama yang mendarat di Bandara JB Soedirman Purbalingga dari Surabaya, Kamis (3/6). (suaramerdeka.com/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Keberadaan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga diharap menjadi pendongkrak ekonomi di kawasan Jawa Tengah bagian selatan barat.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melepas dan menyambut penumpang pertama pesawat di bandara tersebut, Rabu (3/6).

"Ini jadi awal yang baik untuk mengungkit perekonomian di Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen dan Pemalang," katanya.

Menurutnya, beroperasinya bandara merupakan mimpi panjang yang jadi nyata. Setidaknya butuh proses 15 tahun sejak awal direncanakan. Saat itu Ganjar masih menjadi anggota DPR RI dari Dapil Jateng VII.

Baca Juga: Rilis Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran, Menag Sebut PTM Opsi Paling Efektif di Tengah Pandemi

"Saya selalu ditanya Pak Jokowi, bandara sudah sampai mana? Itu pertanyaan halus tapi bikin jantungan. Kita kejar terus pembangunannya. Karena itu, saya sangat bahagia hari ini, bandara sudah beroperasi," katanya.

Untuk tahap awal, lanjutnya, perlu dipikirkan strategi untuk meramaikan bandara. Misalnya membuat paket wisata terbatas di wilayah Barlingmascakeb dengan menarik wisatawan dari Jakarta dan Surabaya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersyukur karena Purbalingga sudah memiliki bandara.

Dia optimis perekonomian di sektor industri, pembangunan dan pariwisata di Purbalingga dan sekitarnya akan tumbuh pesat. Karena itu perlu sengkuyung semua pihak.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X