Indonesia Memiliki Potensi Besar Kuasai Pasar Halal Dunia

- Kamis, 3 Juni 2021 | 17:00 WIB
Produk Halal/Foto Brilio
Produk Halal/Foto Brilio

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia memiliki potensi besar untuk dapat menguasai pasar halal dunia.

Berdasarkan State Global Islamic Economic Report 2020-2021, melaporkan tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia mencapai 2,02 triliun Dollar Amerika di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media/rekreasi halal.

Indonesia memiliki potensi pasar besar bagi produk muslim. Kita tentu sangat ingin Indonesia juga menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia,” tegas Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin saat membuka acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition (II-Motion) 2021 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Kamis 3 Juni 2021, dikutip dari laman resmi Kominfo.

Baca Juga: Naik BRT Trans Semarang Setiap Selasa Cukup Tukarkan Wadah Air Mineral

Wapres berharap potensi Indonesia sebagai pasar produk muslim harus dibarengi dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri khususnya ke negara-negara OKI.

Indonesia harus lebih gigih berusaha menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI,” katanya.

Untuk mewujudkannya, Wapres memaparkan sedikitnya ada empat langkah strategis yang dapat dilakukan, pertama, dengan mengembangkan riset halal dan meningkatkan substitusi impor.

Baca Juga: BBM Premium Dihapuskan, Masyarakat Perlu Sosialisasi dan Edukasi Matang

Kedua membangun kawasan-kawasan halal yang terintegrasi dengan fasilitas logistik halal. Ketiga membangun sistem informasi halal termasuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Melandai, Komoditas Kopi Kembali Bersemi

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:15 WIB
X