Okupansi Penumpang Bandara JB Soedirman Capai 70 Persen

- Rabu, 2 Juni 2021 | 06:15 WIB
RESMI BEROPERASI: Pesawat ATR-72 milik Citilink melakukan uji coba pendaratan dari Surabaya ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Selasa (1/6). (suaramerdeka.com / Ryan Rachman)
RESMI BEROPERASI: Pesawat ATR-72 milik Citilink melakukan uji coba pendaratan dari Surabaya ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Selasa (1/6). (suaramerdeka.com / Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Okupansi penumpang jelang penerbangan pertama ke Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga mencapai 70 persen. Dipastikan maskapai Citilink Indonesia akan membawa penumpang ke Purbalingga, Kamis (3/6) mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaludin mengatakan, untuk saat ini baru satu maskapai yang melayani penerbangan dengan pesawat ATR-72 yang akan mengangkut 72 penumpang.

"Dilihat dari rasio atau okupansi dari set capasity yang terutilisasi 70 persen itu sudah sangat baik, apalagi ini di tahap awal," katanya usai uji coba penerbangan ke Bandara JB Soedirman Purbalingga dari Bandara Djuanda Surabaya, Selasa (1/6).

Baca Juga: Seleksi CASN Rembang , Kembali Dibuka Formasi Khusus Disabilitas

Saat ini baru maskapai Citilink yang melayani penerbangan ke Purbalingga (PWL). Namun maskapai lain yaitu Wings Air sudah melirik untuk mendaratkan pesawatnya di bandara Enclive Civil bersama Lanud JB Soedirman ini.

Lebih lanjut, mulai 1 Juni 2021, secara resmi Bandara JB Soedirman berstatus “In Active Operation” sehingga semua yang akan memasuki bandara diperlakukan SOP operator bandara.

Hal itu setelah seluruh parameter sudah diukur dan dilaksanakan oleh tim operasi Bandara, maskapai dan stakeholder sesuai dengan standar baik.

Baca Juga: Ganjar: Jogo Tonggo Sudah Sangat Pancasilais

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi  saat sambutan mengatakan, mimpi besar seluruh masyarakat Purbalingga untuk memiliki bandara komersial yang telah dirintis sejak 15 tahun lalu akhirnya dapat terealisasi.

Menurutnya, keberadaan Bandara JB Soedirman dapat bermanfaat untuk menggerakan ekonomi rakyat di Kabupaten Purbalingga seluruh kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan barat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X