Menko Airlangga Ungkap 5 Strategi Indonesia Pimpin Presidensi G20

- Senin, 31 Mei 2021 | 20:31 WIB
Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap lima strategi Indonesia dalam memimpin forum Sherpa Track G20 pada 2022 mendatang.

Airlangga menyebutkan lima nilai strategis bagi Indonesia dalam memegang Presidensi G20 yaitu pertama sinergi antara Indonesia dan dunia internasional dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi global dan nasional dari pandemi Covid-19.

Kedua Indonesia akan memiliki suara dalam menentukan arah ekonomi global pasca krisis termasuk mengenai stabilitas sistem keuangan internasional.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Mendikbudristek Nadiem Kerahkan 13.000 Vaksinator Perguruan Tinggi

Ketiga Presidensi G20 akan dimanfaatkan pemerintah untuk menampilkan keberhasilan reformasi struktural dan keuangan Indonesia di tengah pandemi seperti UU Cipta Kerja, transisi energi termasuk peningkatan kandungan biodiesel, dan pendirian SWF Indonesia.

Keempat Indonesia akan memanfaatkan dukungan internasional terhadap prioritas pemerintah seperti digitalisasi, pengembangan SDM, pemberdayaan perempuan dan pemuda, ketersediaan vaksin, serta persiapan sistem kesehatan untuk memitigasi risiko pandemi masa depan.

Baca Juga: SIM C Kini Terbagi Tiga Jenis Berdasarkan Kapasitas Mesin, Ini Perbedaannya

Dan kelima Presidensi G20 Indonesia juga berpotensi menghasilkan devisa bagi Indonesia jika diselenggarakan secara fisik pada akhir 2022.

“Pandemi Covid-19 menambah kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh forum ini dan juga ekspektasi bahwa Indonesia akan memimpin langkah strategis untuk mengatasi dampak pandemi,” katanya di Jakarta, Senin 31 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X