6,1 Juta UKM Ditargetkan Gabung di Marketplace

- Minggu, 23 Mei 2021 | 08:36 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

MAGELANG, suaramerdeka.com - Pemerintah menargetkan 6,1 juta UKM/IKM dalam negeri sudah bergabung di marketplace untuk memasarkan produknya. 

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Festival Joglosemar, ingin mengajak pelaku usaha memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan pemerintah guna mengembangkan usahanya. 

"Melalui berbagai program pertumbuhan dan pengembangan IKM, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan SDM dan produk-produk IKM. Dalam rangka mendukung tujuan utama Gerakan Nasional BBI tahun 2021 ini, targetnya sekitar 6,1 juta UMKM atau IKM onboarding di marketplace. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita semua, kita bisa mencapai itu," katanya di sela pembukaan Festival Joglosemar di pelataran Candi Borobudur, Magelang, baru-baru ini. 

Agus menambahkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia melalui Festival Joglosemar bertujuan untuk meningkatkan jumlah industri kecil dan menengah (IKM) sekaligus mengajak masyarakat mulai mengenal dan mencintai produk UKM/IKM karena sudah tersedia di pasaran secara online.

Pihaknya juga memberikan fasilitas merek IKM dan dukungan fasilitasi Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap produk milik UKM/IKM agar bisa bersaing di pasar digital. 

Selain itu juga terus melakukan pemberdayaan pelaku UKM/IKM melalui penguatan teknologi e-bisnis, serta program e-smart IKM, yaitu workshop untuk membuka toko online atau bisnis digital dan manajemen bisnis.
 

Editor: Maya

Terkini

PBMTI Pastikan Pedagang Kecil Terima Pembiayaan

Kamis, 23 September 2021 | 18:45 WIB

Naik Kelas, UMKM Perlu Mulai Pertimbangkan Green Economy

Kamis, 23 September 2021 | 16:36 WIB

Jawab Tantangan Ekonomi, Perlu Kerja Sama Lintas Sektor

Kamis, 23 September 2021 | 12:00 WIB

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB

Rumah juga Perlu Asuransi, Ayo Kenali Manfaatnya

Rabu, 22 September 2021 | 21:53 WIB
X