Bank Indonesia Gelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia

- Kamis, 20 Mei 2021 | 19:52 WIB

MAGELANG, suaramerdeka.com - Bank Indonesia menggelar acara Festival Joglosemar yang merupakan rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (GBWI) yang telah dilaksanakan di beberapa destinasi utama wisata Indonesia seperti Toba, Medan dan Mandalika, Lombok.

Acara yang digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Kamis 20 Mei 2021 ini sekaligus memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi Jateng dari aspek pariwisata dan UMKM, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso mengatakan dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 45 UMKM hasil kurasi.

Menurutnya dengan kegiatan ini juga mendorong peningkatan national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Serta mendorong demand terhadap produk berkualitas tinggi, berkualitas ekspor.

"melalui pelaksanaan rangkaian kegiatan Festival Joglosemar, Bank Indonesia berharap dapat mendongkrak optimisme para pelaku usaha dan pemerintah terhadap percepatan perbaikan ekonomi ke depan. Serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Tengah terhadap produk-produk lokal unggulan yang berkualitas dan bertaraf internasional, " katanya, Kamis 20 Mei 2021.

Pribadi menambahkan festival Joglosemar juga merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional.

Oleh karenanya, Bank Indonesia memberikan dukungan penuh untuk terciptanya optimalisasi sistem pembayaran digital melalui QRIS (Quick Response Indonesian Standard) dan menjadi bagian dalam kampanye penggunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM).

Dijelaskannya, hingga April 2021 sebanyak 615.887 merchant di Jawa Tengah telah bertransformasi dalam sistem pembayaran yang unggul dengan menggunakan QRIS.

Editor: Achmad Rifki

Terkini

X