REI Soloraya Bangkitkan Bisnis Properti Melalui Pameran

- Kamis, 20 Mei 2021 | 09:24 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Untuk membangkitkan bisnis properti yang tengah lesu akibat pandemi covid-19, Asosiasi Real Estat Indonesia (REI) Komisariat Soloraya menggelar pameran perumahan di Solo Paragon Mall. Event selama hampir sepekan, 18-23 Mei, bertajuk "REI Properti Expo Solo Raya, Termurah di Hari Raya" itu diikuti sejumlah pengembang, perbankan, lembaga pembiayaan, produsen matrial bahan bangunan, dan sebagainya.

"Sudah saatnya bisnis properti bangkit. Mari kita bangkitkan bisnis properti di Soloraya," kata Ketua REI Komisariat Solo Raya, SS Maharani, dalam sambutannya ketika membuka pameran.

Kepada sejumlah wartawan, dia mengatakan, berbagai regulasi dan insentif sudah banyak diberikan pemerintah untuk mendongkrak sektor properti yang lesu terdampak covid-19. Seperti, penurunan bunga kredit, penurunan pajak penjualan penjualan (PPn) hingga nol persen, penurunan uang muka (DP) hingga nol persen, restrukturisasi pembayaran hutang, dan lainnya.

"Setelah dibantu berbagai fasilitas dan kemudahan oleh pemerintah, maka pengembang juga harus membantu pemerintah mendorong sektor properti. Pameran ini sebagai upaya jemput bola membantu pemerintah mendorong sektor properti," kata Maharani.

Dari catatan Bank Indonesia, lanjut Rani, sebenarnya banyak warga yang menyimpan uang di bank. Simpanan dalam bentuk tabungan, sehingga sewaktu-waktu bisa diambil untuk dibelanjakan. Selama ini mereka khawatir menggunakan uang untuk berbelanja atau membuka usaha karena perekonomian lagi sulit akibat pandemi sehingga mereka memilih menyimpan uang di bank.

"Ini sebenarnya potensi, tinggal pintar-pintanya pengembang merayu masyarakat agar mau mengambil uangnya di bank untuk membeli rumah untuk ditinggali atau investasi," kata Rani.

Kepala BNI Cabang Slamet Riyadi Solo Lusiana mengatakan, potensi bisnis properti di Soloraya masih cukup tinggi, masih menjanjikan. Menurut dia, banyak milenial atau pasangan muda yang membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal atau investasi. "Bank BNI siap membantu pengembang dan calon pembeli untuk mendapatkan pembiayaan dalam membeli rumah. Mulai dari DP rendah, cicilan murah, hingga tenor yang cukup lama," kata Lusi.

Editor: Andika

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X