Wapres Jelaskan Pilar Penguatan Ekonomi Syariah di Undip

- Minggu, 9 Mei 2021 | 15:47 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wapres Prof Dr KH Ma’ruf Amin menjelaskan, pentingnya sejumlah strategi sebagai langkah penguatan ekonomi syariah di Tanah Air.

Penjelasan ini disampaikan Wapres saat menjadi narasumber utama Webinar Ekonomi Syariah dengan tema Penguatan Industri Ekonomi Syariah di Era Digitalisasi dan New Normal di Undip, kemarin.

"Strategi atau pilar ini juga yang akan mengawal perkembangan ekonomi syariah dalam era kenormalan baru,” kata dia.

Hal itu dimulai dari penguatan infrastruktur termasuk digitalisasi dengan strategi utama pengembangan ekosistem rantai nilai halal. Lalu penguatan kelembagaan ekonomi syariah seperti pembentukan wadah sinergitas antar unit ekonomi syariah, dan perluasan implementasi model bisnis kemitraan pesantren dengan usaha syariah.

Kemudian, pengembangan instrumen pasar keuangan syariah. Terakhir adalah meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah melalui berbagai lembaga.

Ketua Prodi Ekonomi Islam yakni Darwanto, SE MSi MSy menjelaskan kegiatan ini juga bersamaan dengan peluncuran lomba paper yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan ini.

“Harapan kami lomba paper akan memberikan banyak ide dan pemikiran mengenai implementasi financial technology (fintech) dalam praktek keuangan syariah dan sektor riil,” ungkapnya.

Era Digitalisasi menuntut pelaku ekonomi memahami manfaat dan resiko penggunaan berbagai transaksi ekonomi melalui berbagai bentuk dan aplikasi teknologi.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Pasar Kaliwungu jadi Percontohan Penerapan QRIS

Kamis, 25 November 2021 | 16:49 WIB

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X