Bangkitkan Pelaku UMKM Melalui Strategi Digital Marketing

Red
- Sabtu, 8 Mei 2021 | 23:30 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kembali menyelenggarakan event webinar, baru-baru ini dengan tema Webinar Digital Marketing: UMKM Bangkit di Tengah Pandemi melalui Strategi Digital Marketing. Webinar ini menghadirkan Fenny Febrian sebagai narasumber, yang merupakan seorang digital marketing strategist dan merupakan founder dari platform Lagi Kreatif.

Acara ini terbuka untuk seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdiri mahasiswa dan umum. Kegiatan dimulai pada pukul 09.20 WIB yang dipandu  Desti Diah Safitri dan moderator, Annisa Maulidia Alfian.

Perubahan gaya hidup selama pandemi membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat tak terkecuali pelaku UMKM. Survei LIPI menunjukkan adanya penurunan penjualan UMKM yang menjadi salah satu dampak negatif di tengah pandemi seiring dengan perubahan perilaku konsumen yang cenderung beralih ke penjualan online.

Melihat peluang tersebut, para pelaku UMKM mulai menyesuaikan dan merubah basis penjualan ke online. Kemudahan yang diperoleh di era digital tentunya didukung dengan strategi penjualan yang dikenal sebagai digital marketing.

Di awal materi, Fenny menegaskan bahwa digital marketing tidak hanya sekadar jualan online melainkan juga bagaimana caranya kita membuat sistem pemasaran di dunia digital/ internet sehingga semua prosesnya dapat diukur berdasarkan data yang diperoleh. Dengan penerapan digital marketing pelaku UMKM dapat membangun branding, membangun hubungan baik dengan pelanggan, dan menjangkau pasar yang lebih luas serta terukur.

Pada materi utama, Fenny menjabarkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika masuk ke dunia digital marketing.

Niche, pilih dan fokuslah pada market yang spesifik. Mulai dari segmentasi, interest, demografi dan behavior target sasaran. Sumber trafik, dari mana informasi toko online kamu diperoleh calon konsumen. Hal ini bisa dilihat dari sumber trafik baik yang organik seperti Facebook, Google, Instagram, Ttiktok, Youtube, LinkedIn, email list maupun berbayar seperti endorsement, marketplace, affiliate, viral dan lain-lain.

Tools untuk riset data, seperti Google Trends, tools ini dapat digunakan untuk menampilkan topik yang sedang banyak dibahas, mencari keyword yang sering dipakai, dan membandingkan performa antar keyword. Juga dapat menggunakan Facebook Audience Insight.

Membangun hubungan baik dengan customer, salah satunya dengan cara remarketing yaitu strategi untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya pernah berinteraski di situs web, aplikasi, atau e-commerce.  

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Koperasi Mitra BI Ekspor Kopi ke Saudi Arabia

Jumat, 17 September 2021 | 20:35 WIB

Peran Dipertajam, Koperasi Sejenis Diminta Merger

Jumat, 17 September 2021 | 20:30 WIB

Kinerja PT KIW Tetap Positif di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 | 20:07 WIB

Pandemi, Pertumbuhan Investor Justru Makin Bersemi

Jumat, 17 September 2021 | 15:21 WIB

Data Ritel AS Menguat, Harga Emas Berjangka Menurun

Jumat, 17 September 2021 | 08:12 WIB

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X