4 Langkah Transformasi Wakaf Produktif, Ini Paparan Gubernur BI

Ant
- Jumat, 7 Mei 2021 | 12:35 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Transformasi wakaf yang lebih produktif diharapkan mampu menjadi pilar perekonomian Indonesia. Dalam hal ini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan empat langkah penting.

“Kalau kita lakukan berjamaah Insya Allah wakaf semakin menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia, perekonomian umat, dan kesejahteraan umat kita,” katanya dalam acara Webinar Wakaf Produktif di Jakarta, Jumat.

Seperti dilansir dari Antara, langkah pertama yang dipaparkan Perry, adalah kemampuan untuk merancang atau mendesain suatu proyek produktif berbasis wakaf karena selama ini wakaf sering lebih banyak diasosiasikan dengan kuburan atau musala.

Baca Juga: Tak Mau Terjebak Anggapan Kebanyakan, Wakaf Produktif Sasar Bisnis Kuliner

Padahal menurut Perry jika merujuk dalam peradaban Islam maka wakaf banyak yang produktif yaitu berkaitan dengan perkebunan, pertanian, kompleks perkantoran, tempat perbelanjaan hingga perhotelan.

Perry mengatakan hal ini berkaitan dengan bagaimana proyek didesain dengan di dalamnya terdapat sarana peribadatan seperti nasjid serta pendidikan seperti madrasah dan universitas sekaligus ada proyek komersial.

Baca Juga: Wakaf Uang Harus untuk Usaha Produktif

“Hasil dari proyek-proyek komersial dapat membiayai proyek-proyek peribadatan. Ada kandungan akhirat tapi juga ada kandungan kemaslahatan dunia,” ujarnya.

Langkah kedua adalah kemampuan untuk mendesain struktur pembiayaan dari sisi keuangannya karena transformasi wakaf harus mampu menghubungkan wakaf sebagai keuangan sosial dan wakaf komersial seperti Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS).

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X