Melalui Bazar UMKM, Hendi Terus Dorong Pertumbuhan Ekonomi

- Kamis, 6 Mei 2021 | 19:15 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi terus melakukan berbagai upaya dalam rangka menggerakkan ekonomi di tengah pandemi. Salah satunya melalui penyelenggaraan bazar UMKM di Kelurahan Meteseh, Rabu (5/5) kemarin. Menurutnya, kelompok UMKM adalah kelompok yang mampu bertahan di masa pandemi.

''Banyak perusahaan besar yang omsetnya turun sampai harus merumahkan dan mem-phk pegawainya, sampai ada yang tutup. Tapi kelompok UMKM ini di masa pandemi Covid-19, Insyaa Allah walaupun omsetnya menurun tetapi tetap terjaga," terang Hendi, sapaan akrab wali kota.

Untuk itu pemerintah terus mendorong kemajuan UMKM melalui stimulus. Pemerintah mulai pusat, Provinsi sampai kota hari ini menyusun strategi bagaimana UMKM tetap tumbuh dan hidup dengan stimulus anggaran.

Termasuk penyelenggaraan bazar di masyarakat ini menurutnya dapat memajukan perkekonomian masyarakat. Karena jika ada pasar dan terjadi transaksi yang kemudian menghasilkan uang sehingga ekonomi akan tumbuh. Meski demikian, pihaknya berpesan kepada penyelenggara dan peserta bazar untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama penyelenggaraan kegiatan. Karena bazar rawan menyebabkan kerumunan yang sangat dihindari di masa pandemi Covid-19.

''Permasalahannya kita masih dalam masa pandemi Covid-19, maka meskipun jualannya laris pembeli tetap harus dibatasi, dalam arti jangan sampai berjubel. Jangan sampai terjadi kerumunan yang sampai kemudian ada laporan dari warga, hingga pemerintah harus membubarkan,'' pesan Hendi.

Dirinya memuji jika protokol kesehatan yang diterapkan di bazar Kelurahan Meteseh sangat baik. Bahkan menurutnya bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Kali ini sudah oke, ternyata salah satu panitia acara adalah Ketua RW yang merupakan kepala Puskesmas Rowosari.

''Ini bisa ditiru dan dicontohkan kepada daerah-daerah lain. Supaya nanti kegiatan berjalan, ekonomi berjalan, kesehatan tetap prioritas kita,'' pungkasnya.

Bazar Meteseh diawasi langsung oleh Satgas Covid-19 dari kecamatan, kemudian Anggota Satgas beranggotakan Kepala Puskesmas Rowosari, Polsek Tembalang, Koramil Tembalang, Tokoh Masyarakat dan relawan. Bazar Meteseh digelar di balai kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang mulai tanggal 3 sampai 10 Mei 2021.

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

X