Hari Bangga Buatan Indonesia, Menkominfo: Wujud Keberpihakan Atas Produk Dalam Negeri

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 10:00 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah dan komunitas penyelenggara e-dagang atau e-commerce menyepakati tanggal 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (HBBI) sebagai wujud keberpihakan terhadap produk dalam negeri. Pemerintah juga menyediakan subsidi ongkos kirim gratis bagi konsumen yang melakukan belanja daring dari tanggal 5 sampai dengan 13 Mei 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan penetapan HBBI menjadi wujud keberpihakan pemerintah dan ekosistem digital atas hasil karya kreatif anak bangsa, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Sebagai ungkapan kebanggaan atas UMKM dan hasil karya-karya kreatif anak-anak bangsa, harus bisa ditransmisikan secara khusus oleh e-commerce Indonesia untuk meningkatkan demand side di dalam negeri, yaitu pembeli dan konsumsi dalam negeri,” jelasnya, dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Permudah Akses Layanan dan Perizinan UMKM, BRI Sinergi dengan Kementerian Investasi

Menkominfo menyatakan penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI) yang bertepatan dilaksanakan di Bulan Suci Ramadan ini diharapkan dapat memberikan banyak berkah di sektor e-dagang Indonesia. “Dengan adanya Hari Bangga Buatan Indonesia atau HBBI, pengguna e-commerce diharapkan lebih memilih produk dalam negeri daripada produk luar negeri. Kita harapkan tentu dalam tahapannya nanti, kita akan mengisi pasar-pasar internasional,” harapnya.

Johnny menilai semua pihak dapat memanfaatkan momentum HBBI untuk meningkatkan konsumsi atas produk dalam negeri. “Kita harus mampu menjadikan pasar Indonesia, produk Indonesia dan memperkecil atau meningkatkan substitusi importasi kita. Karena apa? Memang kekuatan perekonomian nasional kita diawali dari produksi, distribusi, dan konsumsi dalam negeri sendiri,” tuturnya.

Menkominfo mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan hasil karya anak bangsa dengan memanfaatkan seluruh infrastruktur hulu atau upstream dari teknologi informasi. “Kominfo terus melakukan percepatan transformasi digital melalui peningkatan infrastruktur internet di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Kominfo juga mendorong agar semakin banyak pelaku UMKM masuk ke dalam platform digital. Kita harapkan tentu kolaborasi tanpa henti untuk negeri menuju Indonesia Semakin Digital, Semakin Maju, Semakin Bangga Buatan Indonesia, bangga karya anak bangsa sendiri,” tuturnya.

Baca juga: Berkah Ramadan Bersama LPDB-KUMKM, Upaya Mendukung Ekonomi Nasional Melalui UMKM

Penetapan 5 Mei sebagai HBBI tertuang dalam Kesepakatan Bersama Kementerian Perdagangan, Kementerian Kominfo, dan Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA). Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dalam rangka untuk memberikan dukungan yang kuat dari pemerintah, kementerian dan lembaga, serta pelaku usaha khususnya platform e-commerce akan semangat bersama terkait dengan produk-produk hasil karya anak bangsa, bangga buatan Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X