LinkUMKM.id – Platform Pemberdayaan Digital BRI Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

Red
- Kamis, 6 Mei 2021 | 10:54 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.comBRI resmi meluncurkan LinkUMKM, sebuah platform baru untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas. Peluncuran platform anyar untuk pemberdayaan dan mendukung pengembangan para pleaku UMKM nasional ini dilakukan BRI pada acara BRI Microfinancial Outlook 2021 (28/4).

LinkUMKM adalah platform daring yang bisa diakses pelaku UMKM melalui website www.linkumkm.id juga dapat diakses dengan aplikasi. Produk ini hadir untuk membawa banyak pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk bisa segera naik kelas melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu.

Platform baru ini memiliki 6 fitur utama yakni Rumah BUMN, UMKM Media, UMKM Smart, Komunitas, Etalase Digital, serta Dashboard. Masing-masing fitur menyediakan berbagai fasilitas dan produk yang dapat digunakan pelaku UMKM agar semakin berkembang.

Baca juga: Digital Banking Jadi Strategi BRI Group Sasar Gig Economy

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa Platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM ketika ingin mengakses, misalnya, informasi tentang pasar, atau meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen usahanya. “Melalui LinkUMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas,” ujar Sunarso.

Pelaku UMKM bisa mendaftar sebagai anggota LinkUMKM dengan mendaftar langsung melalui laman platform ini di linkumkm.id . Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pelaku UMKM bisa langsung bergabung pada komunitas yang diinginkan, serta memamerkan produk dan/atau jasanya pada etalase digital.

Anggota LinkUMKM juga bisa mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya. Pelatihan ini bisa diakses melalui fitur UMKM Smart yang berisi layanan pelatihan, konsultasi, literasi keuangan, hingga simulasi kredit untuk anggota.

Nantinya, seluruh pelatihan yang dijalani peserta akan dinilai berdasarkan aplikasi skoring yang ada. Peserta juga diberi kesempatan melakukan penilaian dengan mengisi survei skoring, guna mengetahui di kategori UMKM apa mereka berada. Setelah itu, penilaian akan dilakukan secara periodik setiap 3 bulan sekali.

Pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan pada platform ini akan mendapat modul pelatihan dari BRI. Peserta juga akan dibimbing untuk terbiasa menyusun neraca/laporan keuangan menggunakan fitur Keuanganku yang tersedia di platform ini.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Jelang PON, Stok Ikan dan Daging di Merauke Mencukupi

Rabu, 29 September 2021 | 08:24 WIB

Go Digital, Milenial Bisa Selamatkan UMKM

Selasa, 28 September 2021 | 14:31 WIB

Terhimpit Pandemi, Capaian Pajak Hiburan di Sleman Rendah

Selasa, 28 September 2021 | 14:13 WIB

Harga Telur Anjlok, Peternak Sebut Ada 3 Faktor Penyebab

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB
X