Baznas Kota Semarang Incar Sektor Swasta, Kejar Penerimaan Zakat

- Senin, 3 Mei 2021 | 08:12 WIB
BANTUAN: Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menerima santunan dari Area Manager MayBank Syariah Budi Hari Setyono didampingi Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)
BANTUAN: Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menerima santunan dari Area Manager MayBank Syariah Budi Hari Setyono didampingi Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang mulai mengincar sektor swasta, untuk mengejar penerimaan zakat. Salah satunya dengan menggandeng perbankan Maybank Syariah. Baznas dan Maybank Syariah menyalurkan santunan untuk anak-anak yatim piatu di Balaikota Semarang Jalan Pemuda, belum lama ini.

Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menerima santunan dari Area Manager MayBank Syariah Budi Hari Setyono didampingi Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin. Arnaz menuturkan, selain menerima zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Baznas juga berupaya terus menghimpun perolehan zakat dari sektor swasta, seperti perbankan, sejumlah perusahaan, dan lainnya. Baznas dipercaya sektor swasta untuk penghimpunan zakat dan penyalurannya.

Sebelumnya kontribusi penerimaan zakat dari swasta hanya lima persen saja. Namun sekarang bisa sampai 30 persen dari total penerimaan zakat yang dikelola Baznas. "Sekarang perolehan zakat dari swasta cukup tinggi karena selama ini kita juga tak berhenti untuk terus mengedukasi mereka menyalurkan zakat melalui Baznas," ujarnya.

Baca juga: Baznas Berdayakan Ekonomi Kampung Nelayan, Bangun Mushola dan TPQ

Pada kesempatan tersebut, Baznas Kota Semarang menyerahkan bantuan pentasharufan massal sebesar Rp 1.825.221.000 kepada pihak-pihak yang berhak menerima, yakni Asnaf fakir dan Fisabilillah. Seperti pengurus pondok dan panti asuhan penerima, serta anak yatim piatu dan dhuafa.

Area Manager Maybank Syariah Budi Hari Setyono mengatakan, pada kegiatan ini Maybank Syariah menyerahkan Dana Kebajikan yaitu merupakan serangkaian program Santunan 1900 Yatim & Dhuafa seluruh Indonesia. Acara ini merupakan program nasional dari Maybank Syariah. kegiatan sudah berulang setiap tahun dan kali ini total dari Dana Kebajikan yang disalurkan untuk santunan anak yatim dan dhuafa sebesar Rp 1 miliar.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X