Berbagi Kebahagiaan Ramadan Lewat 1.000 Paket Solidaritas untuk Pelaku Industri Hiburan

- Jumat, 30 April 2021 | 06:45 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa bagi kita semua, termasuk bagi pelaku industri hiburan dan event Tanah Air. Tentu tidak terhitung banyaknya kegiatan yang dibatalkan atau konsep acara yang terus diubah untuk menyesuaikan situasi yang ada. Mau tidak mau, kita harus mencari solusi untuk tetap adaptif dengan kondisi yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Pemerintah mempercayai bahwa ke depan, teknologi digital akan semakin mengakomodasi daya kreatif dan inovatif masyarakat Indonesia, termasuk mendorong industri hiburan dan event untuk terus berkembang. Untuk mendukungnya, kami mencanangkan program Akselerasi Transformasi Digital Nasional yang ditujukan untuk meningkatan optimalisasi teknologi demi menguatkan perekonomian Indonesia,” demikian dijelaskan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam acara buka puasa dan penyerahan bantuan solidaritas pelaku industri hiburan yang dilaksanakan Eventori di Jakarta (28/4).

Salah satu program transformasi tersebut ialah pengembangan sumber daya manusia (SDM)/talenta digital yang dilakukan melalui pendekatan yang komprehensif guna mencakup tiga tingkat kecakapan, baik level dasar, menengah, maupun lanjutan. Setidaknya, di level kecakapan yang paling mendasar, dicanangkan program #MakinCakapDigital yang ditargetkan meliterasi 12,5 juta orang pada 2021 ini.

Baca juga: Kebangkitan Industri Otomotif Bisa Tingkatkan Tenaga Kerja Lokal

"Harapannya, dengan masyarakat yang #MakinCakapDigital, para warganet dapat semakin bijak beraktivitas di dunia maya, tidak menyebarkan kebencian dan dapat menyaring informasi-informasi yang tidak tepat, juga memanfaatkan teknologi digital secara lebih produktif, ” seru Jhonny G Plate, yang menerima karya salah satu talenta digital bangsa, Agnes Mo.

Untuk berbagi kebahagiaan pada bulan Ramadan ini, platform kolaborasi industri hiburan Indonesia Eventori membagikan 1.000 paket sembako untuk para pekerja industri hiburan di sejumlah kota di Tanah Air. Penyaluran bantuan tersebut bekerja sama dengan komunitas dan organisasi Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo) serta komunitas pelaku EO Backstagers Indonesia dan Stage Management Indonesia (Stamina).

“Ini yang kedua kali kami laksanakan. Tahun lalu kami juga mengadakan pembagian bingkisan dengan tema ‘Solidaritas Anak Event’. Alhamdulillah, tahun ini kami dapat melaksanakan dalam jumlah yang lebih besar,” ujar Rio Abdurrachman, CEO Eventori, dalam acara yang dilaksanakan di kantor Eventori di bilangan Jakarta Selatan.

Baca juga: Konser Drive-In, Bangkitkan Kembali Industri Hiburan Kota Lunpia

Selain kepada pelaku hiburan, Eventori juga membagikan bingkisan kepada sejumlah panti asuhan yatim piatu di Jabodetabek. Rio menjelaskan, di sektor industri pertunjukan dan EO banyak pekerja lepas (freelance) yang sangat tergantung pada proyek sementara selama masa pandemi, bisa dibilang bisnis konser dan EO tiarap. Pengelolaan pertunjukan dan event ke daring juga membawa konsekuensi berkurangnya jumlah pekerja yang terlibat.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X