Gerakkan Ekonomi, Apmiso-Papmiso Jateng Angkat UMKM Lewat QRIS

- Senin, 26 April 2021 | 19:50 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso dan Paguyuban Pedagang Mie Bakso (Apmiso-Papmiso) Jateng menggandeng UMKM untuk menggerakkan ekonomi di pandemi tahun kedua ini. Sejumlah langkah dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan kemudahan perbankan dalam bertransaksi.

Ketua DPW Papmiso Jateng, Lasiman menjelaskan di masa pandemi yang belum selesai ini, para pedagang dan UMKM selalu khawatir saat melakukan jual beli. Di satu sisi, mereka harus terus berjualan namun di sisi lain justru khawatir saat ramai pembeli.

“Para pedagang ini kan kepingin ramai pembeli. Tapi kalau pas ramai, juga khawatir kalau nanti terkena Covid. Apalagi transaksinya menggunakan uang cash,” ujar Lasiman usai sosialisasi penggunaan QRIS bagi pelaku bisnis kuliner di Rumah Makan Durenjati Kendal, Senin (26/4).

Baca Juga: Anggota Apmiso Miliki BPJS Ketenagakerjaan

Hadir pada saat itu perwakilan dari Bank Indonesia, Pegadaian, BPJS Ketenagakerjaan, BP2BT dan perbankan serta pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan sosialisasi.

Untuk itu, lanjut Lasiman, maka pedagang mau tidak mau harus menjalankan norma kehidupan baru dalam berdagang. Yakni dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Baca Juga: 34 Pedagang Pasar Pedurungan Gunakan QRIS

Baca Juga: Transaksi Sehat, Aman, Cepat dan Mudah dengan QRIS

“Pembayarannya tidak pakai uang cash. Jadi lebih aman. Dalma pembayarannya juga mudah, sehingga bisa semakin menarik pembeli,” ujar Lasiman.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X