Ekonom Sampaikan Kajian Kritis ke Bank Indonesia

- Sabtu, 24 April 2021 | 20:30 WIB
(suaramerdeka.com/Agung PW)
(suaramerdeka.com/Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Para pakar ekonomi menyampaikan gagasan kritisnya kepada Bank Indonesia. Mereka menuliskannya dalam buku berjudul Memorabilia Mereka Peduli Bank Indonesia: 1001 Pemikiran Akademisi.

Buku setebal 590 halaman diterbitkan Bank Indonesia dan Departemen Komunikasi BI sebagai pengarah. Isinya kumpulan artikel opini dan populer yang ditulis 28 akademisi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Artikel pernah diterbitkan di berbagai media cetak dan daring berskala nasional maupun daerah sepanjang tahun 2020. Akademisi yang memberikan kontribusi artikel opini tergabung dalam Forum Komunikasi Akademisi Penulis Kebijakan Bank Indonesia (Forkom APIK BI).

''Tulisan opini dan artikel populer yang mendukung edukasi kebijakan Bank Indonesia merupakan salah satu bagian dari komunikasi kebijakan kepada publik yang perlu terus dibangun dan pada akhirnya menjadi bagian penting dalam suatu kebijakan'' papar Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, kemarin.

Ia menjelaskan penerbitan buku yang berisi tulisan-tulisan  akademisi merupakan pengejawantahan penghargaan Bank Indonesia kepada akademisi penulis. Kebijakan BI yang telah dijalankan ditanggapi dan dianalisis para penulis dalam wujud artikel yang tersebar dalam media cetak dan media daring di seluruh negeri.

Sangat Substansial

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono berharap penulis yang juga pengamat ekonomi dan analis dapat membantu mengkomunikasikan berbagai langkah kebijakan yang telah ditempuh BI. Dengan demikian sasaran dari kebijakan yang dikehendaki BI sampai kepada pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas.

Koordinator Forkom APIK BI, Prof Haryo Kuncoro mengatakan menelaah, memilah dan kemudian memilih tulisan ilmiah populer untuk diterbitkan dalam sebuah buku ternyata bukan pekerjaan yang gampang. Semua artikel amat substansial karena berasal dari pengamat ekonomi dan analis yang sudah malang melintang berkecimpung dalam dunia kepenulisan.

''Materi tulisan semuanya berbobot dan terbukti telah terbit di berbagai media ternama di Indonesia,'' jelas jelas Haryo.

Humas Forkom APIK BI, April 2021 Y Sri Susilo menambahkan buku tersebut terdiri atas empat bagian dan 11 bab. Opini atau artikel populer yang disajikan mencapai   201 tulisan.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Harga Emas Naik di Tengah Kekhawatiran Inflasi AS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:48 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X