Sempat Terpukul Pandemi, Produk UMKM Teh Bunga Telang Mulai Bersemi Lagi

- Sabtu, 24 April 2021 | 14:19 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Sempat terpukul pandemi Covid-19, pelaku UMKM teh bunga telang di Soreang, Kabupaten Bandung ini mulai bangkit lagi dengan mengoptimalkan digitalisasi dan pengembangan produk sehingga bisa mempunyai daya tawar.

"Kita sempat tutup lima bulan. Bahkan pesanan dari luar negeri seberat 400 Kg gagal karena lockdown," kata Nita Rohimah yang mempunyai label Teh Swarga Flower Tea itu mengenang awal-awal pandemi, akhir pekan ini.

Tak mau terus terpuruk, dia kemudian berusaha memperbaiki kondisi. Terlebih, produksinya yang juga disebut teh biru, mirip spirtus ternyata bisa menaikan imun sehingga dianggap cocok dipasarkan di tengah kondisi pandemi.

Baca Juga: Ramu Bunga Telang Jadi Minuman Segar

Hanya saja, Nita tak mau asal melempar produk. Sebelum itu berjalan, dia ingin memastikan produknya menarik dan mudah diakses. Untuk produk, mesin bantuan dalam rangka pembinaan pengemasan sebagai sebagai mitra binaan dari Telkom dioptimalkan.

Tak hanya itu, BUMN telekomunikasi itu memperkenalkan pula aplikasi all in kasir termasuk dalam memanajemen kegiatan ekonomi pengguna, Bonum Pos dan juga e-commerce seperti Pasar Digital (Padi) UMKM.

Baca Juga: Kembang Telang yang Membahagikan

Bagi Nita, ada dampak yang dirasakan. "Kadang suka sulit masuk ke instansi-instansi dan badan-badan pemerintahan supaya produk kita bisa digunakan, tapi sekarang terbuka kesempatan itui" jelasnya.

Dalam perkembangannya kemudian, Nita mendapatkan pesanan hingga 2.500 pouch dari Kemendag pada Desember. Tak hanya itu, pasar pun semakin luas menyusul perkembangan jaringan termasuk kiriman ke Kanada dan North Amerika.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X