3 Maskapai Penerbangan Siap Darati Bandara Ngloram

- Jumat, 23 April 2021 | 15:47 WIB
MENDARAT : Salah seorang petugas Satpol PP mendokumentasikan pesawat yang mendarat di Bandara Ngloram belum lama ini. Pemkab Blora melobi sejumlah maskapai agar membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
MENDARAT : Salah seorang petugas Satpol PP mendokumentasikan pesawat yang mendarat di Bandara Ngloram belum lama ini. Pemkab Blora melobi sejumlah maskapai agar membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Tiga maskapai penerbangan menyatakan kesiapannya untuk mendarati Bandar Udara (Bandara) Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Ketiga maskapai itu adalah NAM Air, Citilink dan Lion Air. Hanya saja belum ditentukan kapan pesawat mereka akan melayani penumpang umum dengan tujuan Jakarta-Cepu.

Dari ketiga maskapai tersebut, baru NAM Air yang pernah melakukan uji coba penerbangan perdana mendarat dan terbang dari Bandara Ngloram, 30 Desember 2020. Sedangkan dua maskapai lainnya sudah dilobi oleh Bupati H Arief Rohman. Keduanya telah menyatakan siap mendarati bandara yang mulai dibangun kembali sejak 2018 tersebut.

Lobi kepada maskapai Lion Air dilakukan Bupati Blora H Arief Rohman bersama Wakil Bupati (Wabup) Tri Yuli Setyowati di sela-sela tugas dinasnya ke Jakarta Kamis (22/4).  Keduanya mendatangi kantor Lion Air dan menemui langsung Presiden Direktur Lion Air, Rudy Lumingkewas di ruang kerjanya.

Baca Juga: Landasan Pacu Bandara Ngloram Diperpanjang, Jalan Akses Diperbaiki

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru Ariadi Widiawan yang membawahi pembangunan Bandara Ngloram juga hadir dalam pertemuan tersebut.

‘’Di depan direktur Lion Air, kami sampaikan bahwa di Blora ada bandara baru yang butuh dukungan pembukaan maskapai penerbangan. Kami ingin ada kerjasama agar Lion Air Group bisa ikut membuka penerbangan perdana dengan Wings Air  ATR-72 rute Halim-Ngloram,’’ ujar bupati, Jumat (23/4).

Baca Juga: Digagas Konektivitas Bandara Ngloram ke Luar Jawa

Awalnya, bupati ingin agar pembukaan penerbangan perdana bisa dilakukan sebelum Lebaran. Namun karena ada surat edaran dari pemerintah pusat terkait larangan mudik hingga 24 Mei, maka pembukaan penerbangan perdana pun ikut mundur.

‘’Kami dengar syarat pembukaan penerbangan Lion Air Group bisa lebih cepat, sehingga kami berharap bisa segera buka untuk Halim-Ngloram dengan ATR-72. Karena potensi penumpang sangat bagus yang didukung industri migas. Sebagai tahap awal, kami minta seminggu dua atau tiga kali penerbangan dahulu,’’ kata bupati.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X