Perempuan Didorong Berwirausaha, Bukan Sekadar Pelaku UMKM

- Jumat, 23 April 2021 | 11:36 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memotivasi para perempuan Indonesia agar tidak puas menjadi pelaku UMKM  melainkan meningkat menjadi wirausaha atau pengusaha tangguh sehingga berperan lebih di kancah ekonomi digital.

Mengutip data Bank Indonesia, Menko Muhadjir menyatakan pada tahun 2018 lebih dari 60 persen UMKM Indonesia dikelola perempuan dan 9,1 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari kontribusi UMKM perempuan.

Banyak kajian menunjukkan perempuan menjadi solusi untuk berbagai masalah baik Indonesia maupun di negara-negara di berbagai belahan dunia. ‘’Pembangunan ekonomi yang melibatkan perempuan dapat tumbuh lebih cepat dan lebih produktif," kata Muhadjir dalam Webinar "Perempuan Kompeten Peran Ganda di Era Ekonomi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional" dari Jakarta, Kamis (22/4).

Baca juga: Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Menkeu: Bukan Sesuatu yang Mustahil

Menko PMK menyatakan perempuan di era digital harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi agar dapat mengembangkan diri dan lebih berdaya. "Perempuan sebagai pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan teknologi terutama e-commerce. Mereka dapat mengasah skill digital entrepreneur sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya," ujarnya.

Menurut Menko Muhadjir, peran perempuan sebagai pelaku e-commerce merupakan tantangan agar dapat berkreasi dan berinovasi untuk memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Terpisah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan selama pandemi Covid-19 banyak perempuan memanfaatkan internet untuk berjualan online. Data Badan Pusat Statistik tahun 2020 sebanyak 47,48 persen penjual online adalah wanita.

Baca juga: Dukung Promosi UMKM, Pemkab Magelang Apresiasi Peran Komunitas Jumputan

Angka ini akan terus bertambah dengan asumsi lebih mengerti konsumen yang notabene mayoritas wanita. Potensi ekonomi digital Indonesia cenderung naik luar biasa seiring dengan peningkatan pengguna internet dan aktivitas warga dalam jaringan. Peningkatan ini dipicu percepatan pembangunan infrastruktur internet yang semakin merata.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X