PLTS Terapung di Waduk Mrica Banjarnegara Diwacanakan

- Kamis, 22 April 2021 | 22:28 WIB
SERAHKAN BANTUAN: Direktur Pengembangan dan Niaga PT Indonesia Power Harlen menyerahkan bantuan  sosial secara simbolis kepada Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin untuk disalurkan kepada warga  yang membutuhkan. (suaramerdeka.com/Castro Suwito)
SERAHKAN BANTUAN: Direktur Pengembangan dan Niaga PT Indonesia Power Harlen menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan. (suaramerdeka.com/Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - PT Indonesia Power tengah memetakan sejumlah potensi energi baru terbarukan di  Kabupaten Banjarnegara. Potensi tersebut akan dikembangkan untuk meningkatan produksi listrik dari  sumber nonfosil.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan dan Niaga PT Indonesia Power, Harlen  usai  penyerahan bantuan sosial  460 paket sembako dan santunan kepada 194 anak yatim di Banjarnegara,  Kamis ,22 April 2021. Bantuan secara simbolis diterima Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin.

“Kunjungan ini sebagai silaturahmi sekaligus mengunjungi beberapa proyek untuk pengembangan di  Banjarnegara," katanya.

Baca Juga: Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Diperlukan Demi Keseimbangan Ekosistem

Menurutnya, Banjarnegara memiliki potensi yang sangat bagus dan layak untuk dikembangkan. Terutama  ketersediaan air yang melimpah yang potensial untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). “Potensi  air sangat bagus dan sudah petakan lokasinya. Selanjutnya akan kami lakukan kajian lebih detil  lagi,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia Power juga sedang mewacanakan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya  (PLTS) terapung. Pihaknya akan memanfaatkan permukaan Waduk Mrica yang luas untuk dipasang panel  surya di atasnya. “Ini juga sedang kami kaji, mengingat air di sini kalau datang seperti bah. Jadi  mana lokasi yang paling bagus, nanti kami minta izin ke Pemda untuk pengembangannya,” jelas Harlen.

Baca Juga: Indonesia Power Bantu Pembangunan Rumah Rusak Tambaklorok Karena Gelombang

Terkait megaproyek pembangunan Waduk Maung, Harlen mengatakan, pihaknya masih memperdalam kajian.  Berdasarkan hasil feasibility study (FS), tanah di sekitar lokasi kondisinya labil dan mudah  bergerak. Kajian dilakukan terutama terkait lokasi untuk mengurangi potensi risiko. “Potensinya  sangat besar, bisa mencapai 200 MW,” paparnya.

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan terima kasih kepada PT Indonesia Power atas  kunjungan serta bantuan yang diberikan. Dia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban  masyarakat yang tidak mampu.  “Kami berharap, Indonesia Power terus memberi manfaat bagi masyarakat  serta lingkungan dan mampu bersinergi dengan pemerintah daerah," katanya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X