BI Jateng Siapkan Rp 22,1 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran

- Rabu, 21 April 2021 | 17:01 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah menyiapkan Rp22,1 triliun untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Pribadi Santoso mengatakan kebutuhan itu naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp15,56 triliun.

"Proyeksinya sebesar Rp 7,4 triliun mengalami peningkatan sebesar Rp 1,8 triliun dibandingkan dengan tahun lalu, artinya uang yang disediakan dari BI lebih dari cukup," katanya saat Launching Kegiatan Penukaran Uang Bersama Menghadapi Hari Raya Idul Fitri di Kantor Bank Indonesia Jawa Tengah, Rabu 21 April 2021.

Pribadi menjelaskan peningkatan ini menunjukkan adanya peningkatan di sektor perekonomian baik di skala kota/ kabupaten/ provinsi maupun nasional.

Menurutnya penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makro ekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19.

Untuk pelayanan penukaran uang, BI bersama 56 perbankan di Jawa Tengah menyiapkan 114 titik layanan. Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021.

"Kalau biasanya kita terpusat begitu, kalau di tahun ini karena masih pandemi jadi kita ajak teman-teman perbankan untuk kerja sama menyediakan layanan penukaran uang untuk masyarakat. Sangat efektif menurut saya untuk pencegahan penularan virus Corona," jelasnya.

Bank Indonesia juga menjamin uang yang diterima masyarakat aman karena sudah dikarantina dan disterilkan sehingga bebas virus atau bakteri.

Untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang layak edar, BI juga melakukan koordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin tarik uang (ATM) dan mesin setor tarik (Cash Recycling Machine).

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X