Erick Thohir Berencana Beli Peternakan di Luar Negeri, Dapat Tanggapan Positif

- Rabu, 21 April 2021 | 06:15 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Rencana Menteri BUMN Erick Thohir untuk membeli peternakan sapi di Belgia mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Cara ini dilakukan Erick untuk menanggulangi ketergantungan impor daging sapi. Untuk diketahui, selama ini Indonesia selalu melakukan impor daging sapi karena kebutuhan akan daging sapi mencapai 700.000 ton setiap tahunnya. Sementara ketersediaan di dalam negeri hanya 400.000 ton, sehingga perlu mengimpor 300.000 ton setiap tahun.

Untuk memenuhi kekurangan ini, jika mau menambah sapi, dibutuhkan hampir 2 juta sapi dan ini butuh waktu lama karena harus mempersiapkan lahan peternakan serta semua prosedur peternakan sapi.

"Saya melihat ketergantungan kita akan impor sangat tinggi karena kebutuhan yang tidak terpenuhi di dalam negeri. Sementara jika membangun peternakan sendiri butuh waktu lama, maka langkah cepat yang bisa diambil adalah dengan membeli peternakan yang sudah jadi dan besar di luar negeri. Nantinya, Indonesia akan impor daging sapi dari perusahaan BUMN sendiri," jelas Erick Thohir.

Baca juga: Setahun Pandemi Covid-19, Sektor Peternakan Sapi Mulai Terkena Imbas

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo setuju dengan ide Erick Thohir ini.  Menurut Agus, kenyataannya memang kita ini setiap tahun harus impor daging sapi karena produksi daging sapi nasional belum mencukupi.

"Banyak kendala untuk membangun peternakan sapi potong. Dalam hal pakan ternak misalnya, untuk menghasilkan sapi potong yang diterima oleh industri, pakannya tidak sembarangan, begitu juga usia potong sapi. Petani akan terkendala dalam membesarkan sapi karena harga pakan ternak mahal karena tidak disubsidi oleh APBN," kata Agus Pambagyo.  

Menurut Agus, situasi ini membuat peternak memberi pakan rumput atau pakan lain yang membuat sapi tidak tumbuh sesuai standar industri, atau lebih jelek lagi, sapi terpaksa dipotong sebelum waktunya 

Baca juga: Peternakan dan Pet Animal Hampir Tak Terpengaruh Kondisi Pandemi

Kembali ke ide BUMN membeli peternakan di luar negeri. Masih menurut Agus Pambagyo, itu bukan ide baru. Tahun 2013 Dahlan Iskan pernah mengeluarkan ide serupa. Tapi tidak sempat dilaksanakan. Untuk pelaksanaannya perlu kehati-hatian dan perlu dilakukan dengan perhitungan yang matang. Apakah sudah dilakukan due dilligence atas peternakan yang akan dibeli. Juga perlu melibatkan lembaga pengawasan, misalnya BPK dan KPK.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X