Tukar Uang Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Lebih Aktif Datang ke Bank

- Senin, 19 April 2021 | 19:50 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar tak menggelar kas keliling guna layanan penukaran uang jelang Lebaran mendatang. Untuk itu, masyarakat diminta lebih aktif untuk mendatangi terdekat.

Langkah tersebut tak terlepas dari masa pandemi Covid-19. Mereka tak ingin kegiatan itu menjadi kerumunan dan berpotensi menaikan kasus karena ada yang tertular.

"Sebelumnya kami biasa berkeliling, tapi kan ini jadi titik keramaian sehingga ini bisa menimbulkan dampak lain, meningkatkan kasusnya," kata Chief of Payment System, Ameriza M Moesa di Kantor BI Jabar, Bandung, Senin (19/4).

Baca Juga: Penukaran Uang Baru di Kantor Kas Keliling Ditiadakan, Mitra BI Diefektifkan

Dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap dapat memahaminya. Untuk itu, mereka diarahkan untuk mengoptimalkan pelayanan BI yang berkerjasama dengan bank umum dan BPR dalam layanan penukaran uang tersebut.

"Jadi kami mengimbau masyarakat untuk lebih aktif ke bank. Bukan apa-apa, karena kami mempertimbangkan kondisi pandemi sehingga kami berkurang ke lapangan, tak lagi jemput bola," katanya.

Baca Juga: Lebaran 2020, Penukaran Uang Kedepankan Protokol Pencegahan Covid-19

Dalam layanan penukaran uang tersebut, BI Jabar total menggelar layanan di 559 titik yang menyebar mulai dari barat kecuali Bodebek, Bandung Raya, kawasan Pantura Ciayumajakuning, hingga Priangan Timur dari Garut hingga Banjar.

Terkait keberadaan uang palsu, Ameriza M Moesa menyatakan bahwa pihaknya tentu mewaspadai terhadap upaya tak bertanggung jawab itu. Berkerjasama dengan kepolisian, mereka melakukan monitoring.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X