Empat Gerbang Identitas Megah, Bakal Percantik Candi Borobudur

- Senin, 19 April 2021 | 08:48 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Untuk memudahkan akses sekaligus mengukuhkan kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site) menuju destinasi pariwisata berkelas dunia, Pemerintah akan membangun empat pintu gerbang megah yang semakin menguatkan identitas kawasan Candi Borobudur.

Proyek strategi destinasi super prioritas itu dipercayakan kepada PT Brantas Abipraya (Persero) salah satu perusahaan konstruksi milik negara ini untuk mempercantik kawasan wisata Borobudur di Magelang, Jawa Tengah itu. Proyek Kawasan Strategis Wisata Nasional (KSPN) Borobudur ditargetkan selesai akhir tahun 2021 ini.

“Ya, nantinya kawasan Borobudur ini akan menjadi destinasi super prioritas. Ini adalah upaya kami (Brantas Abipraya) untuk turut melestarikan kawasan Borobudur sebagai Situs Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site) dan mengembangkan kawasan Borobudur sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia,” kata Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Baca juga: Lebaran, Candi Borobudur dan Prambanan Dibuka

Sementara Project Manager Proyek Penataan Kawasan Borobudur Dwi Satio mengatakan Brantas Abipaya akan membangun empat pintu gerbang megah di empat titik akses masuk kawasan Candi Borobudur. Masing-masing gerbang memiliki ciri khas dan mencerminkan identitas di kawasan itu. Masing-masing pintu gerbang memiliki ciri atau bangunan khusus.

Dwi Satio mengatakan dalam penataan kawasan Borobudur, Brantas Abipraya mengerjakan gerbang - rest area, jalur aksis budaya, area concourse, dan area parkir - pedagang. Pertama Gerbang Palbapang penanda kawasan dari arah Yogyakarta. Kedua Gerbang Blondo penanda kawasan dari arah Semarang. Ketiga Gerbang Salaman-Kembanglimus penanda kawasan dari arah Purworejo dan gerbang keempat, Gerbang Klangon sebagai pintu masuk ke Candi Borobudur dari arah Kulonprogo.

Gerbang Palbapang sebagai penanda kawasan dari arah Yogyakarta, jaraknya dari Candi Borobudur pun sejauh 8 kilometer (KM). Ikon gerbang penanda kawasan yaitu patung singa, hall atau ruang serbaguna, ruang pengelola atau security dan MEP (Mechanical Electrical & Plumbing), toilet dan lansekap taman.

Baca juga: Dukung Destinasi Candi Borobudur, Kadin Jateng Siapkan Program Sport Tourism

Gerbang kedua adalah Gerbang Blondo. Gerbang ini adalah gerbang penanda kawasan dari arah Semarang, jaraknya dari Candi Borobudur sejauh kurang lebih sekitar 9,5 KM. Skup pekerjaan pada gerbang ini adalah pengerjaan ikon gerbang kawasan berupa imej pohon Kalpataru yang dipercaya sebagai pohon hayat atau pohon kehidupan dan harapan.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB
X