Penguatan Ekonomi, Butuh Kolaborasi Bersama Kadin Pusat dan Daerah

- Minggu, 18 April 2021 | 21:35 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid memaparkan langkah untuk mendorong perekonomian di daerah dan nasional dengan mengajak pengurus Kadin pusat dan daerah untuk berkolaborasi mencari solusi bersama tantangan yang dialami dalam rangka menumbuhkan perekonomian di daerah dan nasional.

Arsjad menjelaskan tantangan ekonomi di setiap daerah berbeda-beda sehingga penanganannya  tidak sama. Karena itu, ke depan pengurus kadin pusat dan daerah harus berjalan beriringan. Termasuk juga menggandeng asosiasi lain sehingga peran Kadin bisa dirasakan masyaakat di daerah lebih besar lagi.

"Tantangan ekonomi daerah dan nasional menjadi salah satu pilar dari empat pilar lainnya bila kelak dipercaya menjadi Ketua Umum Kadin. Pilar lainnya adalah Kesehatan, Wirausaha dan Kompetensi hingga internal dan regulasi," ungkap Arsjad Rasjid saat bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama pengurus Kadin DIY dan kabupaten/kota, Minggu (18/4).

Dalam dialog tersebut, Arsjad yang juga calon ketua umum Kadin periode 2021-2026 didampingi sejumlah pengurus Kadin lainnya seperti Wakil Ketua Kadin Koordinator Wilayah Barat T Zulham, Ketum Kadin Jambi, Ketum Kadin Kaltim dan Bengkulu tetap memprioritaskan kesehatan sebelum membangkitkan kembali sektor ekonomi. Kesehatan menjadi tulang punggung selama pandemi Covid-19. Bahkan, mengapresiasi upaya pemerintah yang telah mempercepat vaksinasi dan inisiatif para pengusaha yang akan melakukan vaksinasi secara mandiri bagi para karyawannya.

Arsjad juga berjanji akan memulihkan perekonomian di Yogyakarta yang selama ini mengandalkan pariwisata dan ekonomi kreatifnya. Kadin sebagai mitra pemerintah akan mengusulkan insentif yang tepat bagi pelaku di industri pariwisata. Apalagi saat pandemi, jumlah kunjungan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara ke Jogjakarta semakin lama terus merosot. Sedangkan khusus bagi ekonomi kreatif Arsjad akan membangun Warung Inovatif dimana para pengusaha UMKM tidak hanya dilatih menghasilkan produk inovatif namun akan mendapat pelatihan pemasaran secara digital.

"Saya mendirikan warung inovasi bagi pengusaha batik di Pekalongan. Di dalam rumah ini, pengusaha tidak haya membuat batik namun dilatih memasarkan produknya lebih luas lagi. Jadi nantinya batik itu tidak hanya terkenal di Pekalongan saja namun terkenal di daerah lain termasuk mancanegara," katanya.

Melalui upaya ini, Arsjad yakin perekonomian Yogyakarta dan daerah lain yang selama ini terpukul pandemi bisa bangkit lagi. Bahkan, mampu menciptakan pengusaha baru baik sekala mikro, kecil, dan menengah. Selanjutnya, Kadin berupaya membuka akses permodalan bagi pengusaha agar semakin berkembang.

"Kadin mengingatkan agar semua pihakpihak harus saling membantu untuk mendorong penambahan jumlah pengusaha di Indonesia agar bisa membuat lapangan pekerjaan yang lebih besar. Dengan membuat lapangan kerja lebih besar, maka dapat mengurangi kemiskinan,” ujar Arsjad.

Sementara itu Ketua Dewan Formatur Kadin DIY Mirwan Syamsudin Syukur mendukung penuh pencalonan diri Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin karena tidak meninggalkan Kadin di daerah dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X