Peringatan BMKG: Waspada Gelombang 4 Meter di Laut Selatan Jawa

Andika
- Kamis, 15 April 2021 | 20:20 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

CILACAP, suaramerdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi empat meter berpeluang terjadi di laut dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, DIY dan Jawa Barat. Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, potensi gelombang tinggi itu berlaku mulai Rabu, 14 April 2021, sampai dengan Jumat, 16 April 2021.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, DIY hingga selatan Jawa Barat. Gelombang pada wilayah itu berpeluang mencapai 2,5-4 meter," kata Rendi Krisnawan.

Karena itu, pihaknya mengingatkan kepada para pelaku aktivitas maritim untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. "Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpotensi terjadi gelombang tinggi juga untuk selalu waspada," ujarnya.

Rendi mengatakan, gelombang tinggi salah satu faktor penyebabnya kecepatan angin yang tinggi. Kecepatan angin yang tinggi, dapat disebabkan oleh perbedaan tekanan udara.

Saat ini, lanjut dia terdapat daerah tekanan tinggi di Samudera Hindia sebelah barat Australia dan Samudera Hindia sebelah barat laut Australia. "Secara umum saat ini di wilayah Australia terdapat daerah tekanan tinggi. Karena sekarang sudah mulai masa transisi dari musim hujan ke kemarau, maka kecenderungannya di Benua Australia sudah mulai banyak daerah bertekanan tinggi," katanya.

Sementara saat ini, lanjut dia terdapat beberapa daerah bertekanan rendah di perairan sebelah selatan Jawa Timur, sebelah barat daya Sumatera, lalu di Samudera Pasifik sebelah utara Papua. Perbedaan-perbedaan tekanan udara tersebut memicu kecepatan angin yang tinggi. "Angin bergerak dari tekanan udara tinggi menuju ke tekanan udara yang rendah," katanya.

Editor: Andika

Terkini

X