690 Destinasi Wisata Jateng Bangkitkan Perekonomian Pandemi Covid-19

- Kamis, 15 April 2021 | 16:00 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – Potensi Jateng dalam dunia pariwisata sangatlah besar, tercatat ada 690 destinasi wisata di mana di dalamnya termasuk desa wisata yang bisa membangkitkan perekonomian. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sinoeng Noegroho Rachmadi menyatakan, dalam 2021 ini ada beberapa agenda pariwisata akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Ada Arak-arakan Cheng Ho, Borobudur Marathon dan Festival Kota Lama Semarang. Semuanya akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, tidak hanya basa-basi hanya sekedar tes suhu dengan thermogun,” kata Sinoeng dalam Forum Group Discussion (FGD) KADIN dan PHRI JATENG “Mendukung Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi melalui Industri Pariwisata Jawa Tengah”, secara daring, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Gelar FGD, Kadin dan PHRI Jateng Dukung Kebangkitan Ekonomi Melalui Pariwisata

Ada beberapa agenda pariwisata yang akan dilaksanakan secara hybrid atau daring dan luring.

Menyinggung pariwisata sebagai satu elemen ekonomi, menurut Sinoeng harus menuju industri di mana di dalamnya ada keterlibatan kolaborasi dan sinergi antara media, komunitas, pemerintah, asosiasi, akademisi dan perusahaan.

Baca Juga: Terdampak Covid-19, Destinasi Wisata Religi Kota Semarang Jadi Sasaran Hendi

Baca Juga: Sandi Optimistis, Destinasi Wisata dan Ekraf Bisa Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

“Keterlibatan pemerintah di sini, tidak hanya pemerintah provinsi saja tetapi juga pemerintah secara keseluruhan mulai dari tingkat bawah sampai atas,” tuturnya.

Ia berharap, ke depan destinasi wisata tidak hanya Borobudur saja tetapi juga menciptakan Borobudur-Borobudur baru dan mengkombinasikannya dengan sport atau culture.

Halaman:

Editor: Agus Toto Widyatmoko

Tags

Terkini

X