Produk Hasil Laut Rajungan Primadona di Amerika

- Rabu, 14 April 2021 | 13:45 WIB
(suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)
(suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Produk hasil laut Rajungan menjadi favorit dan primadona di Amerika. Hal itu diketahui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas ekspor 584,54 ton produk perikanan dan kelautan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas sebanyak 584,54 ton senilai Rp 52 milyar produk perikanan dan kelautan Jateng untuk diekspor ke Amerika, China hingga Jepang. Ganjar terperanjat kala mengetahui rajungan dari Jateng jadi favorit di Amerika.

Selain rajungan, produk perikanan dan kelautan seperti surimi dari Indonesia juga diminati oleh negara-negara besar. Ia berharap, ada pembinaan sampai ke tingkat nelayan.

"Harapannya nelayan ikut makmur," kata Ganjar usai Pelepasan “Indonesia Satu Ekspor” dan Launching Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 di Kantor Balai KIPM Semarang, Rabu, 14 April 2021.

Pelaksanaan ekspor hari ini merupakan penanda kebangkitan dari produk laut dan perikanan. Selain itu, Ganjar juga mengapresiasi karena banyak pengusaha yang memproduksi ikannya dengan kualitas tinggi.

“Memang masih ada kendala transportasi dan beberapa negara masih tertutup, mudah-mudahan jadi semangat dan menginspirasi yang lain,” tuturnya.

Kepala BKIPM Gatot Perdana menambahkan, setidaknya ada 584 ton produk perikanan dan kelautan dari Jateng yang akan diekspor selama kurun waktu 12-17 April 2021. Ratusan ton tersebut, berasal dari 11 perusahaan di Jateng.

“Untuk Komoditinya Rajungan adalah unggulan dan jadi primadona di Amerika Serikat,” tambah Gatot.

 

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X