Deklarasi TP2DD, Upaya Percepat Digitalisasi di Daerah Pulihkan Ekonomi

- Jumat, 9 April 2021 | 14:30 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

GARUT, suaramerdeka.com - Langkah digitalisasi di daerah diakselerasi guna menghadirkan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, penguatan kelembagaan menjadi pilihan strategis sehingga semua sektor bisa menerapkannya.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Herawanto, penguatan kelembagaan sudah tergelar menyusul deklarasi pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di wilayahnya di sepuluh daerah.

Pembentukan TP2DD tersebut, katanya, diharapkan dapat segera diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota lainnya. Mereka menargetkan langkah penguatan kelembagaan itu rampung kurang dari tiga bulan.

Baca Juga: Digitalisasi Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Mesti Diakselerasi

"Hal ini mengingat dari TP2DD di level provinsi hingga kabupaten dan kota ini akan lahir berbagai kebijakan terintegrasi namun sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah," katanya usai peluncuran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (Fekdi) di Pendopo Kabupaten Garut, Jumat (9/4).

Kesepuluh daerah yang lebih dulu melangkah dalam akselerasi digitalisasi itu adalah TP2DD Provinsi Jawa Barat, Kabupatan Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Banjar, Kota Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: Airlangga: Percepatan Digitalisasi Daerah Dorong Peningkatan PAD

Dengan demikian, daerah-daerah tersebut diharapkan mampu mempercepat dan memperluas terbentuknya ekosistem digital di seluruh Jabar dengan cakupan wilayah yang komprehensif.

"Tak hanya perkotaan tapi juga sampai ke pelosok. Kemudian, area kawasan industri sampai area publik seperti sekolah, tempat ibadah hingga tempat pariwisata, perkantoran hingga perumahan, terkoneksi dengan digital," katanya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Dinkop Nyatakan Koperasi Tekad UPGRIS Kategori Sehat!

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:19 WIB
X