Sandiaga Kagumi Kriya Kayu RikRok, Industri Destinasi Super Prioritas Borobudur

- Jumat, 2 April 2021 | 16:49 WIB
KERAJINAN PENSIL: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjajal membuat kerajinan pensil di Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
KERAJINAN PENSIL: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjajal membuat kerajinan pensil di Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengagumi produk kreatif yang dihasilkan oleh Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Sandi pun mengapresiasi industri kreatif di sekitar destinasi super prioritas Borobudur sebagai upaya pelibatan warga dalam menghadirkan destinasi yang berkualitas.

Kekaguman diungkapkan Sandi saat mengunjungi Kriya Kayu RikRok tersebut, Jumat (2/4). Ia ditemani Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita beserta jajaran.

"Saya betul-betul melihat beberapa konvergensi ekonomi kreatif di sini, yakni produk-produk yang bisa dikategorikan kriya dan produk ramah lingkungan karena ini mengolah limbah," ujarnya.

Baca Juga: Pengelola Candi Borobudur Simulasikan Pariwisata Normal Baru

Kriya Kayu RikRok milik Ipung Purwanto ini sendiri merupakan galeri kerajinan yang memproduksi dan menjual produk dari kayu, batu, rotan dan limbah seperti kain perca, kulit jagung dan lainnya. Adapun produk unggulannya souvenir pensil dengan memanfaatkan buah nyamplong dengan dihias aneka busana adat dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Yoyok Sukawi: Desa Wisata Jadi Potensi Pengembangan Destinasi Borobudur

Mas Menteri pun menjajal membuat sendiri kerajinan ini dengan ditemani perajin Kriya Kayu RikRok. Hasilnya cukup memuaskan dan langsung dibawa untuk souvernir.

"Sangat kreatif produknya, tidak sulit-sulit amat buatnya, butuh telaten saja," katanya usai berhasil membuat satu kerajinan pensil.

Sandi menuturkan, bersama BOB ia ditugasi membangun destinasi superprioritas di Borobudur. Tetapi, menurutnya tidak akan bisa menghadirkan satu destinasi berkualitas kalau warganya tidak ikut terlibat secara totalitas.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X