Lahirkan Wirausahawan Muda di Desa, KNPI Purbalingga Inisiasi Walaha

- Senin, 29 Maret 2021 | 01:41 WIB
DPD KNPI Purbalingga melakukan Soft Opening Walaha di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Sabtu (27/3) malam.
DPD KNPI Purbalingga melakukan Soft Opening Walaha di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Sabtu (27/3) malam.

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Purbalingga menginisiasi program Warung Latihan Usaha (Walaha).

Ketua DPD KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan mengatakan, Walaha merupakan program untuk membantu pemerintah melahirkan pengusaha muda dan penggerak desa. Program ini sebagai inkubator untuk pemuda desa mendapatkan keterampilan berbisnis sekaligus jiwa kepemimpinan.

"Program kerja dari DPD KNPI Purbalingga ini diinisiasi Bersama Perkumpulan Warga Muda," katanya saat Soft Opening Walaha di Desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Sabtu (27/3) malam.

Menurutnya, program Walaha untuk pertama kalinya di desa Pekiringan, sebagai pilot project DPD KNPI Purbalingga bekerja sama dengan Pemdes setempat. Adapun lokasinya berada di gedung eks rumah isolasi Covid-19 dari luar kota Purbalingga yang sudah tak terpakai.

"Ini awal yang baik. Kini kami sedang menyiapkan kurikulum pelatihan wirausaha yang akan disajikan kepada pemuda. Besar harapan Walaha dapat diduplikasi di desa-desa yang lain di Purbalingga, bahkan di tingkat Nasional," imbuhnya

Kepala Desa Pekiringan Adi Kusumantoro mengatakan konsep Walaha sangat bagus. Dia sangat  mengapresiasi dibukanya Walaha di Desa Pekiringan. Ke depan, Walaha sebisa mungkin dapat menitikberatkan pada pelatihan pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan pemuda dan perempuan khususnya sektor ekonomi secara berkesinambungan.

“Saya berharap ke depan kami dari Pemdes Pekiringan dan DPD KNPI Purbalingga dapat tercipta sinergitas yang berkelanjutan melalui Walaha," katanya.

Terutama tentang pelatihan marketing produk dari hasil pelatihan dan pembinaan masyarakat. Sehingga hasil produk masyarakat Pekiringan dapat laku di pasaran.

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X