Penghasil Terbesar di Dunia, Balitbangtan Dorong Komoditas Durian Eksis di Pasar Global

- Senin, 15 November 2021 | 08:00 WIB
Buah durian (pixabay)
Buah durian (pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Indonesia merupakan negara penghasil durian terbesar di dunia dan konsumsi buah tersebut masih didominasi pasar dalam negeri.

Oleh karena itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus mendorong agar komoditas durian mampu eksis di pasar global.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa saat ini terdapat permintaan pasar yang tinggi terhadap buah-buahan tropis, termasuk durian.

Hal itu diungkapkan dalam sambutannya pada The 2nd International Symposium on Durian and Other Tropical Fruits yang digelar oleh Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika).

Baca Juga: Ormas Expo 2021: FKPPI Bersama Masyarakat untuk Indonesia Bersatu dan Berdaulat

“Permintaan akan durian dan buah-buahan tropis di pasar domestik dan ekspor saat ini semakin meningkat. Indonesia memiliki potensi besar sebagai penghasil dan pengekspor buah tropis dunia,” ucap Syahrul Yasin Limpo.

Data dari Trade Map menunjukkan permintaan global durian pada tahun 2016 mencapai sekitar 1,5 miliar kilogram, terdiri atas perdagangan global sebesar 440 juta kilogram.

Kemudian, konsumsi domestik sebesar 1,03 miliar kilogram. Thailand, Vietnam, dan Malaysia dilaporkan sebagai negara pengekspor durian terbesar.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry memaparkan bahwa Indonesia bisa turut andil dalam pasar internasional tersebut.

Baca Juga: Valentino Rossi Resmi Tutup Karir di MotoGP

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X