Pinjaman Online Marak, Menkeu Sebut Bagai 2 Sisi Mata Uang

- Kamis, 25 Maret 2021 | 10:48 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Maraknya pinjaman online yang menawar pinjaman perlu disikapi dengan kehati-hatian karena banyak pinjaman online ilegal yang bisa merugikan masyarakat. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan perubahan digital juga membuat tengkulak alias rentenir juga berpindah tempat karena sudah datang ke smartphone.

"Fintech sekarang sudah muncul seperti tengkulak coming to your handphone," katanya dalam acara Indonesia Data and Economic Conference 2021 kerja sama dengan East Ventures, baru-baru ini.

Bahkan Sri Mulyani pun menceritakan, dirinya sering mendapat SMS tawaran pinjaman dana cepat, sehingga dia harus menghapus SMS tersebut setiap hari. "Sekarang banyak yang menawarkan anda butuh dana cepat? Itu setiap hari saya hapus kayak gitu. Ada yang Anda butuh Rp 1 juta, Rp 5 juta, kalau punya BPKB rumah atau jaminan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Pinjaman Bunga Nol Persen, Baru Delapan Daerah Tertarik

Sri Mulyani menjelaskan, Covid-19 memaksa semua negara, bangsa, institusi, dan pelaku ekonomi lebih mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dan ini akan menjadi ekosistem.

Sri Mulyani melihat fenomena itu sebagai dua sisi mata uang. Yang pertama, perkembangan teknologi memudahkan masyarakat mendapat pinjaman dana. Namun, di sisi lain, masyarakat juga sangat rentan dengan praktik pinjaman online (pinjol/fintech) ilegal.

Ia pun meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengedukasi masyarakat tentang hal ini. Masyarakat harus tahu mana produk keuangan yang terdaftar di OJK dan mana yang tidak.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Jelang PON, Stok Ikan dan Daging di Merauke Mencukupi

Rabu, 29 September 2021 | 08:24 WIB

Go Digital, Milenial Bisa Selamatkan UMKM

Selasa, 28 September 2021 | 14:31 WIB

Terhimpit Pandemi, Capaian Pajak Hiburan di Sleman Rendah

Selasa, 28 September 2021 | 14:13 WIB

Harga Telur Anjlok, Peternak Sebut Ada 3 Faktor Penyebab

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB
X