Tempat Wisata Didorong Gunakan Pembayaran QRIS, Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

- Sabtu, 20 Maret 2021 | 13:44 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bank Indonesia mendorong tempat wisata dan penjual souvenir untuk bisa menggunakan sistem pembayaran elektronik atau nontunai memakai QRIS.

Deputi Kepala Perwakilan Grup Perumusan dan Implementasi KEKDA Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Iss Savitri Hafid menuturkan penggunaan QRIS ini sebagai upaya  membangkitkan sektor pariwisata di masa pandemi.

"Penggunaan QRIS untuk mendorong pariwisata, baik dari UMKM yang menjual sovenir di tempat wisata maupun untuk tiket-tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Kita melihat memang penggunaan QRIS itu dapat digunakan di berbagai elemen, pasar tradisional maupun pemerintah daerah hingga sektor pariwisata. Karena itu pengembangannya tentu memerlukan partisipasi pentahelik," tuturnya, baru-baru ini.

Menurutnya penerapan pembayaran nontunai di tempat pariwisata juga merupakan adaptasi kebiasaan baru selama masa pandemi. Selain itu, masyarakat juga merasa lebih aman karena tidak perlu membawa uang lebih banyak dan tidak banyak bersentuhan.

Baca Juga: Transaksi Sehat, Aman, Cepat dan Mudah dengan QRIS

Baca Juga: BI Dorong Warga Gunakan QRIS Sebagai Kanal Transaksi

Baca Juga: Tempat Wisata Batasi Pengunjung, Libur Panjang Jangan Ada Kasus Baru Covid-19

Selain itu memudahkan di dalam negeri, QRIS ini juga sudah bisa digunakan orang asing yang datang ke Indonesia. Saat ini masih ada 2 jasa pembayaran di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan jasa pembayaran lokal.

"Sehingga ketika datang berwisata ke Indonesia tidak perlu menukar mata uang asingnya langsung bisa menggunakan QRIS. Jadi untuk UMKM yang souvenir lebih baik bersiap-siap dari sekarang menggunakan QRIS sambil kita menunggu pulihnya sektor wisata," ujarnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pasar Kaliwungu jadi Percontohan Penerapan QRIS

Kamis, 25 November 2021 | 16:49 WIB

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X