Teten Masduki Dorong Petani Mulai Berkonsolidasi dan Bangun Korporatisasi

- Sabtu, 13 November 2021 | 07:33 WIB
Pemimpin BNI Kantor Wilayah 05 Bambang Setyatmojo menyerahakan simbolis CSR dua unit traktor tangan kepada Ketua Kelompok tani Albarokah. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)
Pemimpin BNI Kantor Wilayah 05 Bambang Setyatmojo menyerahakan simbolis CSR dua unit traktor tangan kepada Ketua Kelompok tani Albarokah. (suaramerdeka.com / Moch Kundori)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong para petani, untuk mulai berkonsolidasi dan membangun korporatisasi petani melalui koperasi.

Korporatisasi petani, kata Teten Masduki, perlu dilakukan karena jika mengadalkan petani perorangan dengan lahan sempit, kesejahteraan petani sulit terangkat.

"Kita harus mengembangkan model bisnis korporatisasi petani. Yaitu dengan mengkonsolidasi lahan-lahan sempit perorangan ke dalam koperasi dalam skala ekonomi," kata Teten Masduki saat berkunjung ke kelompok tani Albaroqah di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jumat 12 November 2021.

Teten melihat melihat model pertanian yang dikembangkan kelompok tani Albaroqah ini cukup baik, dengan mengembangkan korporatisasi tani modern.

Baca Juga: Kejuaraan Piala Walikota 2021 Diharap Lahirkan Bibit Baru Atlet Woodball

Di antaranya, sudah menggunakan smart farming  yaitu sistem pencacatan pertanian digital.

"Kami sudah membuat perencanaan bersama BNI dan Astra, untuk mengembangkan korporasi petani ini. Untuk konsolidasi lahan diperlukan 1.000 hektare dan di kelompok Tani Albarokah sudah tersedia 900 hektare. Kalau ini terwujud, makan bisa menjadi proyek percontohan di Indonesia model korporatisasi petani," katanya.

Sementara itu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk konsisten memberikan perhatian khusus kepada paguyuban petani Albarokah.

Selain kemudahan akses keuangan, bank milik pemerintah ini juga membantu penyediaan kebutuhan pendukung lainnya bagi petani setempat.

Baca Juga: Pekerja Migran yang Melawan dengan Tulisan (2): Kompak Raih Penghargaan Sastra Kenamaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X