Pemerintah Optimistis Capai Target Pertumbuhan Ekonomi di Quarter 4

- Jumat, 12 November 2021 | 15:59 WIB
Menko Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/ekon.go.id)
Menko Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com/ekon.go.id)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu tetap tumbuh positif pada quarter 3 tahun 2021 yaitu sebesar 3,51% secara year on year (yoy).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pertumbuhan positif tersebut menunjukkan pemulihan ekonomi Indonesia tetap berlanjut dan terjadi resiliensi di tengah lonjakan kasus positif Covid-19 di quarter 3 tahun 2021.

Airlangga mengungkapkan beberapa sektor memiliki resiliensi yang cukup baik pada Q3 tahun 2021 yaitu industri pengolahan tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi yaitu 3,68%, pertanian mengalami pertumbuhan, demikian pula kegiatan terkait properti.

Baca Juga: Ayahku Pahlawanku, Ini 8 Kisah Mengharukan Perjuangan Ayah Hebat di Seluruh Dunia

"Ini membuktikan kebijakan PPnBM mempunyai impact kepada sektor riil baik pengolahan maupun di sektor real estate,” kata Menko Airlangga, baru-baru ini.

Selain itu, sektor yang tumbuh tinggi yang dibantu juga oleh supercycle harga komoditas adalah pertambangan yang tumbuh 7%, kesehatan tumbuh 14% dan perdagangan yang masih bertahan di 9%.

“Kita sangat terbantu oleh supercycle dari harga Minyak, CPO, Nikel, Tembaga, alumunium dan karet yang naik. Jadi ekspor kita terbantu juga oleh harga-harga komoditas tersebut sehingga kita masih bisa bertahan di 3,5%,” tutur Menko Airlangga.

Baca Juga: Lee Do Hyun dan Song Hye Kyo Dikabarkan Syuting Drama The Glory Bulan Ini

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KB Bukopin Bayarkan Klaim Asuransi Jiwa KPR

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:20 WIB
X