Kolaborasi Kunci Utama Kebangkitan Sektor Industri Asia Pasifik

- Rabu, 10 November 2021 | 19:37 WIB
Foto :suaramerdeka.com /ekon.go.id.
Foto :suaramerdeka.com /ekon.go.id.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi penyelenggaraan Konferensi Regional Pembangunan Industri (Regional Conference on Industrial Development (RCID) ke-2.

Airlangga Hartarto berharap kan adanya terobosan dalam komitmen percepatan implementasi Industri 4.0, untuk industri yang inklusif dan berkelanjutan, sebagaimana tema dari Konferensi ini.

Baca Juga: Mahasiswa Tewas Didorong dari Lantai Enam Hotel, Pelaku Jengkel Tubuhnya Ditindih Korban

“Visi bersama, semangat kolaborasi, dan langkah kebersamaan, menjadi kunci utama kebangkitan sektor industri di kawasan Asia Pasifik, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Airlangga dalam pidato pembukaannya di Hotel Fairmont, Senayan, Rabu, 10 November 2021.

Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengharapkan the 2nd RCID yang mengambil tema “Unlocking the Potential of Industry 4.0 for Developing Countries”

dapat menghasilkan gagasan dan terobosan dalam mempercepat penerapan Industri 4.0, di negara berkembang dan kurang berkembang.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan, Kapolres Salatiga Apresiasi Dua Perempuan Pahlawan Keluarga

Khususnya dalam aspek partisipasi UMKM pada global value chain (GVC), penguatan sumber daya manusia UMKM, implementasi sirkular ekonomi, dan optimalisasi penggunaan sumber daya alam melalui industri hijau, pada masa pandemi Covid-19 dan seterusnya.

Bagi Indonesia, The 2nd RCID ini, merupakan momentum yang sangat strategis, bagi Ke-Ketua-an (Presidensi) G20 Indonesia, yang akan dimulai 1 Desember 2021, dengan tema besar “Recover Stronger, Recover Together”.

“Tema tersebut menetapkan visi, bahwa tidak ada yang tertinggal, dan pemulihan dari krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi, bukanlah sebuah kontes. Tema ini menunjukkan harapan dan kesiapan Indonesia untuk berpartisipasi dalam kemitraan global, sebagai upaya mengatasi dampak pandemic,” papar Airlangga Hartarto.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X