Jokowi Yakin Hipmi Mampu Ubah Tantangan jadi Peluang

- Jumat, 5 Maret 2021 | 15:18 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan tantangan yang dihadapi oleh pengusaha dan dunia usaha dalam satu tahun terakhir ini tidaklah mudah.

Presiden pun meyakini bahwa bagi kader Hipmi tidak ada kata menyerah dan tidak ada istilah patah semangat dalam menghadapi situasi tersebut.

Hal itu disampaikan saat meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2021, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3).

"Saya yakin kader Hipmi bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang. Membalikan bencana ini menjadi sebuah kebangkitan ekonomi kita, asalkan kader Hipmi membuktikan semboyannya dalam dunia nyata, menjadi pejuang pengusaha dan pengusaha pejuang," kata Jokowi.

Presiden juga mendorong agar para kader Hipmi mampu bersaing di tingkat global dalam konteks yang baru. Menurutnya, saat ini kompetisi dunia sangat ketat yang ditandai dengan adanya hiperkompetisi hingga disrupsi ganda yaitu revolusi industri jilid keempat dan juga pandemi yang mengubah banyak hal. Belum lagi bidang usaha, teknologi, dan model bisnis yang diyakini telah banyak berubah.

"Lakukan upskilling, lakukan reskilling secara cepat agar mampu memenangkan kompetisi yang super ketat," tegasnya.

Pemerintah baru saja membentuk Indonesia Investment Authority (INA), yang diyakini akan menambah percepatan investasi di Indonesia. Pemerintah juga terus berkomitmen untuk mendorong peran pelaku UMKM dalam upaya pemulihan ekonomi nasional Indonesia dengan kembali memberikan insentif dan stimulus.

Baca Juga: Hipmi Jawa Tengah Menjadi Jembatan Bagi Pengusaha Muda untuk Berkembang

Guna mendorong pemerataan ekonomi hingga ke daerah-daerah, pemerintah juga terus mendorong terselenggaranya kolaborasi perusahaan-perusahaan besar, investor-investor besar, investor-investor baru dan lama dengan pengusaha-pengusaha muda di daerah. Tujuannya agar pengusaha daerah merasakan secara langsung manfaat dari investasi.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

40 UMKM di Demak Dilatih Siap Masuk Pasar Ekspor

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:17 WIB
X