REI Soloraya Sambut Positif DP KPR Nol Persen, Minta Akad Kredit Dipermudah

- Kamis, 25 Februari 2021 | 09:24 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Ketua Real Estate Indonesia (REI) Komisariat Soloraya, Maharani, menyambut baik kebijakan Bank Indonesia yang menaikkan Loan to Value (LTV) dari 85 persen menjadi 100 persen, sehingga uang muka atau down payment kredit pemilikan rumah  subsidi nol persen.

Karena diyakini akan mendorong masyarakat, terutama berpenghasilan rendah (MBR) untuk membeli rumah. Jadi, sektor properti bisa bergerak dan diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi nasional dalam situasi pandemi sekarang ini.

Namun pihaknya berharap, kebijakan DP KPR nol persen itu juga dibarengi dengan kemudahan dalam proses akhad kredit. Maharani juga berharap, pemerintah juga meninjau kembali besaran upah minimum kabupaten/kota yang diberlakukan bagi para calon konsumen.

Baca juga: DP KPR Nol Persen, Pengembang Malah Apatis

Menurut Direktur Utama Dua Putra Bengawan itu, besaran UMK yang ditetapkan pemerintah senilai Rp 6 juta hingga Rp 8 juta per bulan sangatlah berat bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sebab, rata-rata UMK di sejumlah kabupaten/kota di Jateng Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

"Saya kira kalau beberapa hal itu dipenuhi, teman-teman pengembang akan lebih bersemangat dan bergairah  untuk menjual rumah, membangun rumah sehingga sektor properti akan lebih menggeliat dan sektor properti akan menjadi garda depan pemulihan ekonomi," kata dia.

Hal itu dikatakan usai melakukan pertemuan dengan para pimpinan wilayah BTN Jawa Tengah. Hadir pula dalam kesempatan itu, Ketua DPD REI Jawa Tengah Hartono dan para pimpinan caban BTN Solo serta para pengurus REI Komisariat Soloraya dan lainnya.

Baca juga:  DP Nol Persen Bangkitkan Sektor Properti, Mampukah?

Maharani melanjutkan, dengan DP KPR nol persen, perbankan sudah pasti akan makin memperketat debitur konsumen calon pembeli rumah agar di tengah jalan tidak menimbulkan masalah. Salah satunya melampirkan SPT tahunan dalam pengajuan KPR.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X