Gegara PPKM, Akselerasi Perbaikan Ekonomi Jabar Terganjal

- Sabtu, 6 November 2021 | 16:04 WIB
Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto. (Tangkapan layar YouTube)
Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto. (Tangkapan layar YouTube)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar menyebut perekonomian provinsi tersebut mencatatkan pertumbuhan positif pada triwulan III 2021.

Meski demikian, angkanya melambat dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan positifnya sebesar 3,43 persen (yoy), melambat dibandingkan triwulan II 2021 yang tumbuh sebesar 6,13 persen (yoy). Angka pertumbuhan tersebut juga sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,51 persen (yoy)," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar, Herawanto, Sabtu, 6 November 2021.

Baca Juga: Roy Suryo Menduga Tubagus Joddy Bawa Mobil Kecepatan Lebih dari 159 Km Per Jam

Menurut dia, tertahannya akselerasi perbaikan ekonomi Jabar pada triwulan III tahun ini akibat menurunnya aktivitas ekonomi sebagai dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 varian delta yang memiliki laju penularan lebih cepat.

Dari sisi permintaan, jelasnya, pengereman mobilitas berdampak pada tertahannya konsumsi masyarakat yang memiliki kontribusi hingga 63 persen terhadap perekonomian Jabar. Konsumsi rumah tangga melambat paling dalam menjadi 0,04 persen (yoy), dari sebelumnya sebesar 5,63 persen (yoy) pada triwulan II 2021.

Selain itu, permintaan global juga melambat seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 varian delta yang terjadi baik di negara maju maupun negara berkembang sehingga berdampak pada kinerja ekspor Jawa Barat yang sedikit melambat menjadi 23,31 persen (yoy) pada triwulan III 2021.

Baca Juga: Waduk Tirtomarto Delingan, Lukiskan Suasana Syahdu Pemandangan Gunung Lawu

Penurunan permintaan global juga terkonfirmasi dari Purchasing Managers’ Index (PMI) negara mitra dagang yang menurun rata-rata sebesar 0,41 basis poin.

Kondisi yang sama juga terjadi pada komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang merepresentasikan kinerja investasi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Ini Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Kamis, 24 November 2022 | 10:36 WIB
X