Jumat Pagi, IHSG Dibuka Menguat pada Level 6.130

- Jumat, 5 Februari 2021 | 10:24 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pada pembukaan perdagangan Jumat 5 Februari 2021 Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.130 atau menguat 23 poin atau 0,38 persen, dibanding penutupan perdagangan Kamis 4 Februari 2021 di level 6.107. Pada perdagangan akhir pekan, IHSG diprediksi bakal bergerak melanjutkan penguatan.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor aneka industri, infrastruktur, dan keuangan, kembali naik cukup optimis," kata Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi dalam analisanya, Jumat 5 Februari 2021.

Dari dalam negeri, data pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020 bakal menjadi fokus investor dengan ekspektasi membaik ke level 2 persen, dan level 0,7 persen pada kuartal keempat 2020 jika dibandingkan kuartal sebelumnya. "Diperkirakan IHSG bergerak melanjutkan penguatan di akhir pekan dengan support resistance 6.051-6.239," ujarnya.

Sementara dari kondisi luar negeri, data Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) yang naik 0,7 persen menjadi US$56,10 per barel juga memicu sentimen positif investor. Kenaikan harga minyak ini melanjutkan kenaikannya karena OPEC+ mengatakan akan terus mendorong untuk segera membersihkan surplus yang ditinggalkan oleh pandemi Covid-19.

Lanjar juga memberikan rekomendasi saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACST, ADRO, BMRI, HOKI, INDY, PTBA, PTPP, RALS, TBLA, WSKT, WSBP.

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji, menjelaskan bahwa berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance berada pada level 5.992 hingga 6.179.

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Meskipun demikian, Stochastic dan RSI bergerak ke atas di area netral. "Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan masih adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG, sehingga kemungkinan berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X