Pusat Kegiatan UKM di Tuntang Dibangun, Telan Anggaran Rp7,7 Miliar

- Rabu, 3 November 2021 | 16:38 WIB
UMKM. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)
UMKM. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)

BERGAS, suaramerdeka.com - Pemkab Semarang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,7 miliar untuk membangun Pusat Kegiatan UKM di Lopait, Tuntang.

Dengan tempat tersebut, diharapkan bisa mendukung pengembangan pelaku UKM terlebih lokasinya tepat di jalan utama Semarang-Solo dan dekat dengan pintu keluar Tol Bawen.

“Kita rencanakan 2022 dimulai pembangunannya, anggarannya Rp 7,7 miliar,” kata Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, di sela menghadiri Temu Kemitraan Pelaku UMKM dan Pengusaha Besar di Abimantrana Ballroom, The Wujil Resort, Bergas, Rabu 3 November 2021.

Baca Juga: Antibodi Berbasis Kuning Telur Ayam Tengah Disiapkan, Bisa Redam Covid-19?

Dalam kesempatan itu, Bupati Ngesti Nugraha menegaskan bahwa Pemkab Semarang berkomitmen melakukan percepatan pemulihan usaha para pelaku UKM yang terpuruk karena dampak pandemi Covid-19 selama lebih kurang dua tahun terakhir.

Salah satunya dengan memberikan kemudahan penerbitan izin usaha. Demikian halnya fasilitas khusus, pun akan diberikan apabila pelaku UKM membutuhkan izin dari instansi lain, misalnya Sertifikat Halal dari MUI.

“Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang bisa menambah frekuensi dialog pelaku UMKM dan pengusaha besar. Dengan demikian tentu bisa menciptakan jaringan pemasaran maupun kerja sama lain yang saling menguntungkan,” pintanya.

Baca Juga: Kenali Penyakit Gagal Jantung yang Bisa Menyerang Usia Muda: Gejala, Penyebab Serta Cara Mengobatinya

Dalam laporannya, Kepala DPMPTSP Kabupaten Semarang, Valeanto Soekendro menjabarkan, bila temu kemitraan dilaksanakan untuk menuntaskan kendala utama pelaku UMKM.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB

Bangkitkan UMKM Lokal Melalui Dana Bergulir

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:08 WIB
X