Pembelajaran Daring Bawa Dampak Positif, Startup Pendidikan Ini Diminati Investor

Red
- Selasa, 5 Januari 2021 | 16:50 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Startup pendidikan Zenius memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran daring di Indonesia. Demikian disampaikan Partner and Investment di Alpha JWC Ventures Eko Kurniadi.

Baca Juga: Catat Nak! Ini Daftar Laman Aplikasi Pembelajaran Daring

Baca Juga: Mulainya Digitalisasi Sekolah di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal

"Bukan hanya membuat para siswa diterima di universitas impian, tetapi juga mengajarkan pelajar keterampilan berpikir yang nyata," ujarnya.

Layanan belajar online seperti Zenius memang diminati selama pandemi corona. Ini mendorong pendapatan perusahaan tumbuh 70% secara tahunan (year on year/yoy) lebih selama semester kedua 2020.

Jumlah pengguna juga tumbuh lebih dari 10 kali lipat selama Maret hingga Desember 2020. Retensi pengguna pun mencapai lebih dari 90%.

Zenius mengklaim, hampir 50% pendapatannya berasal dari segmen live class. Sedangkan kehadiran pengguna di setiap kelas rerata 400 siswa.

Pada 2020, Zenius menggratiskan sebagian besar konten yang ada di platform. Startup ini pun mengadopsi model bisnis freemium setelah memperbarui aplikasi dan re-branding pada Juni tahun lalu.

Zenius juga berkolaborasi dengan operator seluler seperti Telkomsel membuat program Ilmupedia yang menawarkan kuota pembelajaran 30 GB kepada siswa. Ada juga Zenius Telkomsel Scholarship Test, yang membimbing lebih dari 15 ribu pelajar SMA dari Banda Aceh hingga Timika.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X