Jateng Ekspor 30 Ton Porang ke Vietnam

- Sabtu, 12 Desember 2020 | 13:36 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – Karantina Pertanian Semarang bersinergi dengan Dinas Perkebunan Propinsi Jateng melepas ekspor komoditas pertanian sub sektor perkebunan berupa porang putih atau white konjac sebanyak 30 ton dengan nilai Rp. 600 juta ke Vietnam.

Sebelumnya berdasarkan data Karantina Pertanian Semarang pada tanggal 7- 8 Desember 2020, telah dilepas ekspor komoditas pertanian sub sektor perkebunan sebanyak 887 ton dengan nilai Rp. 27,2 Milyar.

Importir porang, Aisyah, mengatakan bahwa kebutuhan porang Vietnam tahun depan diperkirakan mencapai 1000 kontainer.

Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang mengatakan bahwa perlu adanya bimbingan teknis kepada petani porang dari Dinas Pertanian terkait mengenai komoditas yang laris ekspor ini.

“Mari kita optimalkan ekspor perkebunan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional karena sektor perkebunan mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pendapatan negara,” imbuh Parlin

Menanggapi hal tersebut, Hernowo selaku Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang  berjanji akan mengembangkan tanaman porang di lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh petani di wilayah Semarang.

Pelepasan ekspor ini dilaksanakan di gudang pemrosesan salah satu perusahaan (PT. JSKSM) yang bermukim di kelurahan Sumur Jurang Gunung Pati  Semarang.

Acara ini dihadiri oleh Karantina Pertanian Semarang,  Importir dari Vietnam, Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Provinsi Jawa Tengah, serta  Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kota Semarang.

Ekspor Raya

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X